PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM DESA MALALA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1325Kata Kunci:
UMKM, Media Sosial, Desa Malala, MasyarakatAbstrak
Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi pengabdian kepada masyarakat, khususnya untuk pelaku UMKM, adalah memberikan pengetahuan kepada para pengusaha dalam mengembangkan potensi ekonomi. Memanfaatkan media sosial sebagai alat utama untuk memasarkan produk UMKM adalah tindakan yang perlu dilakukan, sebab media sosial berperan sebagai wadah untuk mempromosikan produk dengan biaya yang relatif murah, bahkan tanpa biaya. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa Desa Malala memiliki kesempatan ekonomi di sektor bisnis. Sebagian besar masyarakat bertransaksi dalam sektor itu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Desa Malala untuk membuat toko online dan memasarkan produk mereka melalui platform pasar dan media sosial, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka. Pelaku UMKM Desa Malala dapat meningkatkan jangkauan pasar mereka dengan mendirikan toko online. Selain itu, inisiatif ini mendukung program pemerintah dalam memperkuat kapasitas UMKM agar dapat bersaing di pasar dan meningkatkan kesejahteraan komunitas setempat.
Referensi
Dewi, D. K., Kencono, D. S., & Atmojo, M. E. (2024). Peran Pemerintah Kalurahan Hargorejo dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 6(1), 57–67. https://doi.org/10.18196/jpk.v6i1.24136
Fakhrurozi, M. (2023). Peranan Pemerintah dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid Lampung. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676–1686.
Kurniawan, I., Permana, W. P., & Plandaan, K. (2024). Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Branding Melalui Sosialisasi Digital Marketing Bagi Remaja di Desa Jatimlerek 1 . Latar Belakang tertentu dan memiliki budaya bersama . ( John J . Macionis , 1997 ). Kehidupan dalam taraf bermasyarakat itu pa. 49–56.
Maharani, A., & Nurlukman, A. D. (2023). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Umkm Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Di Kota Tangerang. Sebatik, 27(1), 333–343. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2160
Mutmainnah, I., & Utomo, J. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan UMKM Melalui Digitalisasi Di Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(1), 29–34. https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i1.6
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695








