PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM DESA MALALA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Penulis

  • Andhy Saputra Universitas Madako Tolitoli
  • Sarfika Pika Universitas Madako Tolitoli
  • Siti Nur Hazanah
  • Moh Fadel Rifai Universitas Madako Tolitoli
  • Mohammad Sawir Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1325

Kata Kunci:

UMKM, Media Sosial, Desa Malala, Masyarakat

Abstrak

Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi pengabdian kepada masyarakat, khususnya untuk pelaku UMKM, adalah memberikan pengetahuan kepada para pengusaha dalam mengembangkan potensi ekonomi. Memanfaatkan media sosial sebagai alat utama untuk memasarkan produk UMKM adalah tindakan yang perlu dilakukan, sebab media sosial berperan sebagai wadah untuk mempromosikan produk dengan biaya yang relatif murah, bahkan tanpa biaya. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa Desa Malala memiliki kesempatan ekonomi di sektor bisnis. Sebagian besar masyarakat bertransaksi dalam sektor itu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Desa Malala untuk membuat toko online dan memasarkan produk mereka melalui platform pasar dan media sosial, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka. Pelaku UMKM Desa Malala dapat meningkatkan jangkauan pasar mereka dengan mendirikan toko online. Selain itu, inisiatif ini mendukung program pemerintah dalam memperkuat kapasitas UMKM agar dapat bersaing di pasar dan meningkatkan kesejahteraan komunitas setempat.

Biografi Penulis

Andhy Saputra, Universitas Madako Tolitoli

Manajemen

Moh Fadel Rifai, Universitas Madako Tolitoli

Teknik Sipil

Mohammad Sawir, Universitas Madako Tolitoli

Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Madako Tolitoli

Referensi

Dewi, D. K., Kencono, D. S., & Atmojo, M. E. (2024). Peran Pemerintah Kalurahan Hargorejo dalam Meningkatkan Ekonomi Melalui Digitalisasi UMKM. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 6(1), 57–67. https://doi.org/10.18196/jpk.v6i1.24136

Fakhrurozi, M. (2023). Peranan Pemerintah dan Strategi Pemasaran terhadap Penjualan UMKM Ecoprint Yasmin Wiwid Lampung. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1676–1686.

Kurniawan, I., Permana, W. P., & Plandaan, K. (2024). Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Branding Melalui Sosialisasi Digital Marketing Bagi Remaja di Desa Jatimlerek 1 . Latar Belakang tertentu dan memiliki budaya bersama . ( John J . Macionis , 1997 ). Kehidupan dalam taraf bermasyarakat itu pa. 49–56.

Maharani, A., & Nurlukman, A. D. (2023). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Umkm Melalui Sosial Media Dan E-Commerce Di Kota Tangerang. Sebatik, 27(1), 333–343. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2160

Mutmainnah, I., & Utomo, J. (2022). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Dan UMKM Melalui Digitalisasi Di Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(1), 29–34. https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i1.6

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-26

Cara Mengutip

Saputra, A., Pika, S., Siti Nur Hazanah, Rifai, M. F., & Sawir, M. (2025). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN UMKM DESA MALALA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Makapande Mengabdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 82–86. https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1325

Terbitan

Bagian

Artikel