PENGUATAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI LINGKUNGAN MULTIBAHASA PADA SISWA SD NEGERI 4 SONI
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1265Kata Kunci:
bahasa indonesia, multibahasa, sekolah dasar, penguatan bahasa, pengabdian masyarakatAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan multibahasa, khususnya pada siswa SD Negeri 4 Soni, Kecamatan Dampal Selatan. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya keterampilan berbahasa Indonesia akibat dominasi bahasa daerah dalam komunikasi sehari-hari. Penguatan dilakukan melakui program Kuliah kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Madako Tolitoli dengan pendekatan interaktif, pembiasaan komunikasi, dan pembuatan media pembelajaran sederhana. Metode pelaksanaan mencakup lima tahapan strategis, yaitu obsevasi awal, sosialisasi dan motivasi, pembelajaran interaktif, pembuatan media pembelajaran, serta evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mambaca dan menulis siswa, serta tumbuhnya sikap positif terhadap peningkatan bahasa Indonesia. Evaluasi menunjukkan kemampuan membaca meningkat dari 60% menjadi 80% dan kemampuan menulis meningkat dari 70% menjadi 85%. Selain itu, penggunaan bahasa Indonesia meningkat secara signifikan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dan kontekstual dapat membentuk ekosistem kebahasaan yang mendukung penguatan identitas nasional melalui bahasa. Program ini juga membrikan kontribusi dalam membentuk karakter siswa, serta melestarikan fungsi bahasa Indonesia di tengah keberagaman bahasa daerah.








