PENCEGAHAN TIGA DOSA BESAR DAN STRATEGI PEMBINAAN SISWA KESULITAN BELAJAR DI SDN 1 TOMPOH KABUPATEN TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1234Kata Kunci:
kesulitan belajar, literasi membaca, strategi pembinaan, SDN 1 Tompoh, Tiga dosa besarAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pencegahan tiga dosa besar (intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan) serta strategi pembinaan siswa kesulitan belajar di SDN 1 Tompoh. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu sosialisasi pencegahan tiga dosa besar kepada guru, siswa, dan orang tua; pembimbingan intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca; serta observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi mampu meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah tentang pentingnya pencegahan tiga dosa besar di lingkungan pendidikan. Program bimbingan membaca memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa, sementara observasi mengidentifikasi adanya perubahan perilaku positif baik pada siswa maupun dukungan guru serta orang tua. Kesimpulannya, implementasi pencegahan tiga dosa besar dan strategi pembinaan siswa kesulitan belajar di SDN 1 Tompoh terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, serta mendukung perkembangan akademik siswa. Program ini diharapkan dapat dijalankan secara berkelanjutan dengan dukungan kolaboratif dari semua pihak terkait.
Referensi
Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6).
Arifin, I., & Sukandar, A. (2022). Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Kegiatan Keagamaan. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.227
Barokah, A. R., & Kamal, R. (2023). Implementasi Sekolah Adiwiyata Terhadap Pembentukan Karakter Kedisiplinan Dan Entrepreneurship Siswa Di Mi Salafiyah Tanjung. Madako Elementary School, 2(2), 181–189. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.173
Hakim, T. R. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4). https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188
Megananda, N. P., Suyitno, & Anindya, D. (2023). Aktualisasi Nilai Adiwiyata Pada Konstelasi Pembelajaran di Sekolah. Madako Elementary School, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.210
Pangalila, T., & Mantiri, J. (2020). Nilai budaya masyarakat Sulawesi Utara sebagai model pendidikan toleransi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jimd.v20i01.15924
Sabriadi, R., Idris, I., Istiqomah, A., Fatmawati, F., Nurul Safaah, T., & Sofyan, A. (2023). Analisis Peran Guru Kelas Dalam Mengentaskan Kesulitan Belajar Membaca Siswa SDN 23 Kota Sorong. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 177–180. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i3.1141
Yunina, D. S., Layli, N., Nissa, F., Nuzula, F., Hamdan, M. A., Muhammad, G., Ghozali, A., Mustaqim, M., & Noviyanti, M. (2023). Sosialisasi 3 dosa besar dalam pendidikan untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di SDN Banjar Kemuning. Jurnal BUDIMAS, 05(02), 1–8.








