PENCEGAHAN TIGA DOSA BESAR DAN STRATEGI PEMBINAAN SISWA KESULITAN BELAJAR DI SDN 1 TOMPOH KABUPATEN TOLITOLI

Penulis

  • Silviana Douw Universitas Madako Tolitoli
  • Trisagita Trisagita Universitas Madako Tolitoli
  • Florentina Ndeya Universitas Madako Tolitoli
  • Triagung Lihawa Universitas Madako Tolitoli
  • Randi Ladoka Universitas Madako Tolitoli
  • Afifah Istiqomah Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1234

Kata Kunci:

kesulitan belajar, literasi membaca, strategi pembinaan, SDN 1 Tompoh, Tiga dosa besar

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pencegahan tiga dosa besar (intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan) serta strategi pembinaan siswa kesulitan belajar di SDN 1 Tompoh. Kegiatan dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu sosialisasi pencegahan tiga dosa besar kepada guru, siswa, dan orang tua; pembimbingan intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca; serta observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sosialisasi mampu meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah tentang pentingnya pencegahan tiga dosa besar di lingkungan pendidikan. Program bimbingan membaca memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa, sementara observasi mengidentifikasi adanya perubahan perilaku positif baik pada siswa maupun dukungan guru serta orang tua. Kesimpulannya, implementasi pencegahan tiga dosa besar dan strategi pembinaan siswa kesulitan belajar di SDN 1 Tompoh terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, serta mendukung perkembangan akademik siswa. Program ini diharapkan dapat dijalankan secara berkelanjutan dengan dukungan kolaboratif dari semua pihak terkait.

Biografi Penulis

Silviana Douw, Universitas Madako Tolitoli

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Trisagita Trisagita, Universitas Madako Tolitoli

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Florentina Ndeya, Universitas Madako Tolitoli

Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Triagung Lihawa, Universitas Madako Tolitoli

Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Randi Ladoka, Universitas Madako Tolitoli

Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Afifah Istiqomah, Universitas Madako Tolitoli

Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Andryawan, A., Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6).

Arifin, I., & Sukandar, A. (2022). Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Kegiatan Keagamaan. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.227

Barokah, A. R., & Kamal, R. (2023). Implementasi Sekolah Adiwiyata Terhadap Pembentukan Karakter Kedisiplinan Dan Entrepreneurship Siswa Di Mi Salafiyah Tanjung. Madako Elementary School, 2(2), 181–189. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.173

Hakim, T. R. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4). https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188

Megananda, N. P., Suyitno, & Anindya, D. (2023). Aktualisasi Nilai Adiwiyata Pada Konstelasi Pembelajaran di Sekolah. Madako Elementary School, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.210

Pangalila, T., & Mantiri, J. (2020). Nilai budaya masyarakat Sulawesi Utara sebagai model pendidikan toleransi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 20(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jimd.v20i01.15924

Sabriadi, R., Idris, I., Istiqomah, A., Fatmawati, F., Nurul Safaah, T., & Sofyan, A. (2023). Analisis Peran Guru Kelas Dalam Mengentaskan Kesulitan Belajar Membaca Siswa SDN 23 Kota Sorong. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 177–180. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i3.1141

Yunina, D. S., Layli, N., Nissa, F., Nuzula, F., Hamdan, M. A., Muhammad, G., Ghozali, A., Mustaqim, M., & Noviyanti, M. (2023). Sosialisasi 3 dosa besar dalam pendidikan untuk menanamkan nilai karakter peserta didik di SDN Banjar Kemuning. Jurnal BUDIMAS, 05(02), 1–8.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Douw, S., Trisagita, T., Ndeya, F., Lihawa, T., Ladoka, R., & Istiqomah, A. (2025). PENCEGAHAN TIGA DOSA BESAR DAN STRATEGI PEMBINAAN SISWA KESULITAN BELAJAR DI SDN 1 TOMPOH KABUPATEN TOLITOLI. Makapande Mengabdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 156–160. https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1234

Terbitan

Bagian

Artikel