PENINGKATAN KETERAMPILAN DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1184Kata Kunci:
keterampilan digital, media pembelajaran interaktif, Wordwall, pelatihan guruAbstrak
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam metode dan media pembelajaran. Guru dituntut untuk memiliki keterampilan digital yang memadai agar dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Namun, masih banyak guru di daerah yang belum terampil memanfaatkan media pembelajaran interaktif secara optimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital guru melalui pelatihan penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan dilaksanakan di SDN 3 Malala, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli, dengan peserta delapan guru yang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi, praktik langsung, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat serta mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Wordwall. Guru merasa media ini mudah digunakan, fleksibel, dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta partisipasi belajar siswa. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pelatihan keterampilan digital bagi guru di sekolah lain, khususnya di wilayah yang masih terbatas akses pelatihan teknologinya.








