PENINGKATAN PEMAHAMAN INTELEKTUAL SISWA SD MELALUI VIDEO ANIMASI INTERAKTIF BERBASIS MEDIA DIGITAL DAN PROYEKTOR DI SD
DOI:
https://doi.org/10.2001/makapande.v1i1.1151Kata Kunci:
Video Animasi, Media Digital, Proyektor, Siswa SDAbstrak
Pendidikan dasar berperan penting dalam membangun fondasi berpikir siswa, baik dalam aspek logika, pemahaman konsep, maupun kemampuan berpikir kritis. Namun dalam praktiknya, proses belajar mengajar di tingkat ini sering kali kurang menarik dan belum sepenuhnya sesuai dengan cara belajar anak-anak. Untuk menjawab tantangan tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman intelektual siswa melalui pemanfaatan media video animasi interaktif yang diproyeksikan secara visual. Kegiatan dilaksanakan pada 15 Juli 2025 di SD Negeri 1 Nalu dengan melibatkan 33 siswa kelas VI. Materi yang disampaikan berfokus pada topik pelestarian lingkungan dalam pelajaran IPAS. Metode partisipatif digunakan, mencakup pelatihan guru, pre-test dan post-test siswa, pemutaran video animasi, serta diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, ditandai dengan skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test. Siswa juga menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme yang tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Kesimpulannya, penggunaan video animasi interaktif berbasis proyektor terbukti menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif, tidak hanya dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa, tetapi juga dalam menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini.
Referensi
Baihaqy, S. A., & Ramli, A. (2023). POLA KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN SEKOLAH DAN MADRASAH. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 120–129. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.456
Garut, U. (2021). Fakultas pendidikan islam dan keguruan komunikasi siswa di school of life lebah. Jurnal PGSD UNIGA, 3(2828–2299), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jpgsd.v4i1.42163
Hamna, & Ummah BK, M. K. (2023). Model Pembelajaran Guided Inquiry di Era Merdeka Belajar: Efektivitas Projek Sains IPA Siswa di Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 2(2), 121–136. https://doi.org/10.56630/mes.v2i2.209
Hariyasasti, Y. (2025). Literasi teknologi dan pemanfaatan alat digital di sekolah dasar. International Journal of Social, Policy and Law, 6(3), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.8888/ijospl.v6i3.196
Khulaifatuzzahra, I., Arni, Y., Rianti, D. N., & Fathier, S. C. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pembelajaran IPAS, tentang pengenalan sistem tata surya sekolah dasar kelas tinggi di sumatera selatan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 5(3), 1162–1172. https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2180
Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media pembelajaran interaktif berbasis pembelajaran kontekstual muatan IPS pada materi kenampakan alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46908
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar: sebuah tinjauan literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Pradana, S. (2025). Efektivitas penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 1(1), 33–39.
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak - anak selama masa sekolah dasar (6 - 7 tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.71
Sudrajat, H., & Hariati, R. H. (2021). Hakikat Pendidikan Sepanjang Hayat Untuk Ditanamkan Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02), 253–262. https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.44
Wulandari, N., Haifaturrahmah, Muhdar, S., Sari, N., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Madako Elementary School, 1(2), 88–98. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.50








