AN ANALYSIS ON EFL TEACHERS’ PEDAGOGICAL PROBLEMS AT SAMPAGA, MAMUJU

Abd Gafur Hafid, Amiruddin Amiruddin, Satriani Satriani

Abstract


Penelitian ini menyelidiki masalah pedagogis praktik pengajaran bahasa Inggris di pedesaan Sampaga, di Mamuju. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui masalah pedagogik guru Bahasa Inggris SMP di Sampaga, Mamuju; 2) Untuk mengetahui bagaimana guru Bahasa Inggris mengatasi masalah pedagogik di SMP Negeri Sampaga, Mamuju. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dalam konteks studi kasus. Pesertanya adalah tiga guru Bahasa Inggris SMP di Sampaga, Mamuju. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan ada lima masalah pedagogik guru EFL yang ditemukan, yaitu: 1) Kemampuan membuat RPP yang sangat rendah, 2) Materi pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran kurang bervariasi dan inovatif, 3) Metode pengajaran yang kurang mutakhir dan kegiatan yang bervariasi, 4) Pengetahuan TIK yang terbatas, 5) Kurangnya pemahaman penilaian otentik. Penelitian ini juga mengusulkan cara-cara untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris sebagai berikut: 1) Meningkatkan peran MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sebagai wadah bagi guru untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, 2) Mendorong Dinas Pendidikan Daerah untuk melakukan kegiatan pengembangan guru yang sejalan dengan perkembangan teknologi, 3) Meminta Pemerintah untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi guru untuk mengembangkan diri melalui Program Pelatihan Profesionalisme Guru atau melanjutkan ke pendidikan tinggi

Full Text:

PDF

References


A’ing, A. (2015). Studi Tentang Pembangunan Bidang Pendidikan di Daerah Perbatasan Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Malinau. Pemerintahan Integratif, 3(4).

Ajibola, M. (2010). Confronting the Challenges of Teaching English Language as a Second Language in Nigeria. Journal of the Nigeria English Studies Association, 13(2).

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4).

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Febriana, M., Nurkamto, J., Rochsantiningsih, D., & Muhtia, A. (2018). Teaching in Rural Indonesian Schools: Teachers’ Challenges. International Journal of Language Teaching and Education, 2(2). https://doi.org/10.22437/ijolte.v2i2.5002

Hargreaves, L., Kvalsund, R., & Galton, M. (2009). Reviews of research on rural schools and their communities in British and Nordic countries: Analytical perspectives and cultural meaning. International Journal of Educational Research, 48(2). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2009.02.001

Luschei, T. F., & Zubaidah, I. (2012). Teacher training and transitions in rural Indonesian schools: A case study of Bogor, West Java. Asia Pacific Journal of Education, 32(3). https://doi.org/10.1080/02188791.2012.711241

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4).

Rosliana, L., W, F. H., Lutfie, W., Hidayah, K., & Aziza, T. N. (2015). Manajemen Perbatasan Fokus Inovasi Pendidikan di Perbatasan Kalimantan Utara. Jurnal Borneo Administrator, 11(3).

Saiful, J. A., & Triyono, S. (2018). EFL teachers’ reflection in teaching english to efl students of rural areas. International Journal of Language Education, 2(2). https://doi.org/10.26858/ijole.v2i2.5637

Songbatumis, A. M. (2017). Challenges in Teaching English Faced by English Teachers at MTsN Taliwang, Indonesia. Journal of Foreign Languange Teaching and Learning, 2(2). https://doi.org/10.18196/ftl.2223


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Madako Education is indexed by