Perkembangan aplikasi spreadsheet dan pengaruhnya terhadap inovasi pembelajaran berbasis teknologi di dunia pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v11i1.1464Kata Kunci:
Spreadsheet, Pendidikan Digital, Manajemen Data Pendidikan, Transformasi Teknologi, Literasi DigitalAbstrak
Artikel ini membahas evolusi aplikasi spreadsheet dari masa ke masa dan relevansinya terhadap transformasi digital dalam bidang pendidikan. Perkembangan spreadsheet, yang awalnya hanya digunakan untuk perhitungan numerik dasar, kini telah berevolusi menjadi alat multifungsi yang mendukung analisis data, evaluasi pembelajaran, manajemen administrasi pendidikan, serta kegiatan kolaboratif berbasis teknologi. Aplikasi seperti Microsoft Excel dan Google Sheets tidak hanya menjadi sarana pengolahan data, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan kompetensi digital guru dan peserta didik. Melalui fitur-fitur berbasis cloud dan kolaborasi real-time, spreadsheet modern mampu mempercepat proses penginputan nilai, penyusunan kurikulum, analisis hasil belajar, serta pengambilan keputusan berbasis data (data-driven decision making) di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) untuk menganalisis transformasi teknologi spreadsheet dan dampaknya terhadap efektivitas pengelolaan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa perkembangan aplikasi spreadsheet memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih efisien, adaptif, dan berorientasi pada penguasaan literasi digital abad ke-21.
Referensi
Broman, K. W., & Woo, K. H. (2018). Data Organization in Spreadsheets. American Statistician, 72(1), 2–10. https://doi.org/10.1080/00031305.2017.1375989
Damanhuri Adnan, A., & Azhar, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Spreadsheet di Dayah Darul Ihsan Aceh Besar. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 4(1), 495–503. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v4i1.298
Firmansyah, D., Saepuloh, D., & Dede. (2022). Daya Saing : Literasi Digital dan Transformasi Digital. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 237–250. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1348
Handayani, R. F. (2012). Apa itu Google Drive? Gina.
Heri Khariono, Rizky Parlika, Kusuma, H. A., & Setyawan, D. A. (2021). Pemanfaatan bot telegram sebagai e-learning ujian berbasis file. Jurnal Informatika Polinema, 7(4), 65–72. https://doi.org/10.33795/jip.v7i4.696
Indra, I., Nisa, W., Anwar, R. N., Dwi, R., Wijanarko, S., Isthi’anah, N., Zuniati, W., Diana, P. K., Hanifah, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., Ampel, N. S., & Abstrak, S. (2021). Urgensi Pemanfaatan Google Document Di Era Digital. Nusantara Journal of Community Engagement E, 2(1), 2722–2411.
Kertiasih, N. K. (2013). Media pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan untuk siswa SLB/C. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 10(1). https://doi.org/10.23887/jptk.v10i1.2867
Musyofah, T., Pitri, T., & Sumarto, S. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 304–312. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312
Mutadi. (2019). Google Sheet (Spreadsheet). Geocities.Ws.
Sari, D. A. (2020). Aplikasi pengelola angka/spreadsheet.
Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.184
Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Spreadsheet. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 320–338. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i2.146
Shiddiq, M. A. (2020). Perbandingan dan Pemutakhiran Data Witel Makassar dengan Witel Kelas A Lainnya pada Sektor Pelanggan. 4–8.
Triyanto, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Instrumen Asesmen Bimbingan dan Konseling dengan Spreadsheet. Ikatan Instrumentasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia (IIBKIN), 1–21.





