Transformasi manajemen pendidikan sebagai kunci peningkatan mutu sekolah

Penulis

  • Devi Indah Sari

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1459

Kata Kunci:

Transformasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Peningkatan Mutu Sekolah

Abstrak

Salah satu kunci untuk pembangunan masyarakat dan negara yang berkelanjutan adalah pendidikan yang berkualitas. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, manajemen pendidikan memainkan peran penting. Manajemen pendidikan mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian berbagai aspek pendidikan. Perencanaan melibatkan penetapan tujuan pendidikan, pengembangan kurikulum, dan perencanaan kegiatan pembelajaran. Pengorganisasian mencakup alokasi sumber daya, penugasan tugas, dan pembentukan tim kerja yang efektif. Pengarahan melibatkan pembinaan dan penggemblengan siswa, dan pengendalian kegiatan pembelajaran. Manajemen pendidikan meningkatkan kualitas pendidikan melalui kepemimpinan yang kuat dan visioner, pengelolaan sumber daya yang efektif, pengembangan kurikulum yang relevan, evaluasi yang berkelanjutan, dan kerja sama yang kuat antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Di era digital, penggunaan yang tepat dari teknologi informasi dan komunikasi juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, manajemen pendidikan harus mengadopsi pendekatan yang inklusif, responsif terhadap perubahan, dan berpusat pada siswa. Ini berarti memprioritaskan pengembangan profesionalisme guru, melakukan pemantauan yang ketat terhadap proses pembelajaran, dan meningkatkan partisipasi dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.

Referensi

Alifah, S. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan di indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Apriansyah, E., & Jasrial. (2023). Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK Negeri 2 Padang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(2), 124–129. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i2.130

Aulia, N. A., Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2022). Pelaksanaan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di sdn mekar mukti 01 cikarang utara bekasi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 370–379. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.29406

Hidayati. (2021). Students’ problems in speaking of the second year students of English education study program at Madako University. JME, 7(2), 1–17.

Ilham, D., S, M. R., Karunia, L., Saleh, S., & Brata, J. T. (2023). Peran Pemerintah dalam Mendorong Kualitas Pelayanan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pallangga Praja (JPP), 5(2), 155–162. https://doi.org/10.61076/jpp.v5i2.3736

Lee, O. L. (2020). PENGANTAR MANAJEMEN. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Luqman Panji, A., Muadin, A., & Rifaddin, A. M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 009 Penajam. Journal on Education, 06(01), 10369–10382. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/4755/3753/

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114–123. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Ramli, A. H., Putera, T. F., & Sudadi, H. (2022). Pengantar Manajemen Pendidikan. Bening Media Publishing.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.26

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-20

Cara Mengutip

Sari, D. I. (2024). Transformasi manajemen pendidikan sebagai kunci peningkatan mutu sekolah. Jurnal Madako Education, 10(2), 55–60. https://doi.org/10.56630/jme.v10i2.1459

Terbitan

Bagian

Articles