Manajemen Pembinaan Peserta Didik dalam Meningkatkan Disiplin dan Karakter di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.56630/jme.v10i1.1454Kata Kunci:
Manajemen, Pembinaan, Peserta Didik, Disiplin dan KarakterAbstrak
Manajemen pembinaan peserta didik merupakan suatu proses strategis yang bertujuan untuk mengarahkan, membimbing, dan mengembangkan potensi siswa secara optimal, baik dalam aspek akademik maupun nonakademik. Pembinaan yang dikelola secara baik tidak hanya membentuk peserta didik yang berprestasi, tetapi juga berakhlak mulia, memiliki karakter positif, serta mampu beradaptasi secara sosial di lingkungan luar institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai urgensi penerapan manajemen pembinaan dalam lembaga pendidikan sebagai upaya menciptakan peserta didik yang berkepribadian unggul dan berintegritas. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah seperti jurnal, buku, dan regulasi pendidikan yang relevan dengan topik pembinaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembinaan memiliki peran penting dalam membentuk sikap positif terhadap proses pembelajaran, meningkatkan kedisiplinan, serta memperkuat karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika yang diharapkan. Selain itu, pembinaan yang terstruktur terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan akademik maupun nonakademik. Kesimpulannya, penerapan manajemen pembinaan yang efektif merupakan faktor kunci dalam mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu mengimplementasikan strategi pembinaan yang terencana, berkelanjutan, dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik secara holistik.
Referensi
Astuti, I. A. I. N. (IAIN) B. (2021). Manajemen Peserta Didik. 11(2), 133–144.
Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2003). Pendidikan islam dengan penanaman nilai budaya islami. 9–21.
Khanapi. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Records Management Journal, 1(2), 1–15.
Listiyani, K. N. K. (2010). Manajemen pembinaan peserta didik di smp negeri 3 ceper kabupaten klaten.
Manajemen, J., Islam, P., Al, Q. S., & Pendidikan, S. T. (2020). Sistem Pembinaan Peserta Didik Dalam Q.S. Al Kahfi Ayat 65-82 (Studi Tafsir Pendidikan). VIII, 120–144.
Rembulan, G. D., Fitri, E. R., Nurdiani, T. W., & Kusumastuti, R. (2023). The Influence of Reward Systems , Decentralization and Implementation of TQM on Managerial Performance of Schools Leaders. 05(03), 10000–10009.
Tasbih, & Makassar, D. J. B. P. I. F. D. dan K. U. A. (2014). Pembinaan Karakter Menurut Hadis Nabi Saw ( Analisis Terhadap Hadis-Hadis Kejujuran ) Dosen Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. 1, 36–52.
Uliyah, Taqwatul, I. A. N., & Widiastuti, taqwatul@an-nur. ac. i. N. (2022). MELALUI KEGIATAN ORGANISASI PESERTA DIDIK.
Untari2, M. S., Prestiadi1, T. C. D., Ariyanti1, e. m. y. m. a. a. b. r. s. n. s., & 1. (2021). Strategi pembinaan peserta didik dalam rangka penguatan pendidikan karakter berbasis nilai pancasila di sekolah dasar. 4, 171–177.
Wahyuni. (2022). Peserta Didik Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Non-Akademik Di Sekolah Luwu Kabupaten Luwu Prestasi Non-Akademik Di Sekolah.





