Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa SD

Penulis

  • Elyas Djufri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Trio Ardhian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.56630/jme.v9i2.1447

Kata Kunci:

Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar IPAS, Model Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA dengan menggunakan rancangan the posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Galang, Populasi penelitian berjumlah 125 siswa dan sampel berjumlah 64 siswa. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional ( p<0,05), (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA secara signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (p<0.05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA secara signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional (p<0.05).

Biografi Penulis

Elyas Djufri, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Trio Ardhian, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. In 2017.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Jakarta: Rineka Cipta.

Djufri, E., & Wilujeng, I. (2017). The Influence of Science Subject Spesific Pedagogy (SSP) of Lab Work-Based toward Science Process Skills of Students at SMPN 2 Tolitoli. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 126. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16669

Ferraz, R., Branquinho, L., Sortwell, A., Teixeira, J. E., Forte, P., & Marinho, D. A. (2023). Teaching models in physical education: current and future perspectives. Montenegrin Journal of Sports Science and Medicine, 19(1), 53–60. https://doi.org/10.26773/mjssm.230307

Ghozali, I. (2013). Analisis multivariat dengan program SPSS. In Universitas Diponegoro (Vol. 3).

Hamna, & Windar. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.

Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49–57. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162

Irfandi Idris, Arief Hasjaya, Sulkipli M., Andi Maryam, & Rizky Ekawaty Ahmad. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madako Elementary School, 1(2), 151–162. https://doi.org/10.56630/mes.v1i2.55

Khan, M., & Iqbal, Z. M. (2011). Effect of Inquiry Lab Teaching Method on the Development of Scientific Skills Through the Teaching of Biology in Pakistan. Language in India, 11(1), 169–178.

Laksana, D. N. L. (2017). The Effectiveness Of Inquiry Based Learning For Natural Science Learning In Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10077

Lati, W., Supasorn, S., & Promarak, V. (2012). Enhancement of Learning Achievement and Integrated Science Process Skills Using Science Inquiry Learning Activities of Chemical Reaction Rates. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4471-4475. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.279

Motoh, T. C., & Paerah, M. M. (2015). Model Penerapan Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasilbelajar Siswa Kelas Iii Sdn 1 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 13–19. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37–53. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472

Wirawan, Z. (2022). Kearifan Lokal Sebagai Solusi Peningkatan Spirit Kerjasama Peserta Didik. Jurnal Madako Education, 8(2), 1–17.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Djufri, E., & Ardhian, T. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Madako Education, 9(2), 50–57. https://doi.org/10.56630/jme.v9i2.1447

Terbitan

Bagian

Articles