Evaluasi Produksi Perikanan Budidaya di Kabupaten Kediri Jawa Timur

Riza Rahman Hakim, Irzal Effendi

Sari


Sektor perikanan budidaya (akuakultur) menjadi salah satu prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam pengembangan kebijakan blue economy di Indonesia. Salah satu wilayah yang memiliki potensi besar dan menjadi sentra produksi perikanan budidaya adalah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Potensi utamanya berupa perikanan tawar, baik untuk budidaya ikan konsumsi maupun budidaya ikan hias. Hal ini menjadi peluang dalam pengembangan sektor akuakultur yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi produksi perikanan budidaya di Kabupaten Kediri dan merekomendasikan strategi pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan sumber data utama dari BPS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan BPS Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Kemudian data dianalisis secara kualitatif deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan perikanan budidaya di Kabupaten Kediri telah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari peningkatan volume produksi dan nilai produksi perikanan budidaya selama kurun waktu 2019-2022. Adapun strategi kebijakan pengembangan perikanan budidaya ke depan yang dapat diterapkan adalah peningkatan kemampuan dan keterampilan pembudidaya ikan dengan peningkatan kualitas penyuluhan dan pelatihan tentang diseminasi teknologi akuakultur, peningkatan sarana dan prasarana melalui perbaikan fasilitas umum, pelatihan dan pembinaan pengolahan pasca panen dengan tujuan untuk meningkatkan nilai tambah produk, membangun sistem informasi yang terintegrasi antar pembudidaya di tiap Kecamatan dan berpusat di Dinas Perikanan, serta memperkuat kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam rangka diseminasi hasil riset kepada masyarakat pembudidaya ikan.

Kata Kunci: Perikanan Budidaya, Evaluasi, Produksi, Kabupaten Kediri


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anis, M. Y., & Hariani, D. 2019. Pemberian Pakan Komersial dengan Penambahan EM4 (Effective Microorganisme 4) untuk Meningkatkan Laju Pertumbuhan Lele (Clarias sp.). Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 1(1), 18–25.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. 2023. Jumlah Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Budidaya Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Budidaya di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kediri. 2021. Kabupaten Kediri Dalam Angka. Perikanan Kabupaten Kediri. Diakses pada 21 Januari 2023 dari https://kedirikab.bps.go.id/

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.

Databoks. 2022. Jawa Barat Sentra Produksi Ikan Hias Terbesar di Indonesia. Diakses pada 18 Mei 2024 dari

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/08/jawa-barat-sentra-produksi-ikan-hias-terbesar-di-indonesia

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. 2021. Budidaya Ikan Hias Tingkatkan Pendapatan Masyarakat di Tengah Pandemi. Retrieved from kkp.go.id: https://kkp.go.id/djpb/artikel/26251-kkp-budidaya-ikan-hias-tingkatkan- pendapatan-masyarakat-di-tengah- pandemi.

Harianto, K., dan Wardhani, R.K. 2020. Peranan Sektor Pertanian, Kehutanan, Dan Perikanan Dalam Perekonomian Kabupaten Kediri. Develop, Jurnal Program Studi Ekonomi Pembangunan. 4(2), 1-22.

Jatnika, D., Sumantadinata, K., & Pandjaitan, N. H. 2014. Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) di Lahan Kering di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 9(1), 96–105. https://doi.org/10.29244/mikm.9.1.96-105

Kumala, M. T., Vinata, R. T., Setyowati, P. J., & Suharti, T. 2021. Penguatan Kerja Sama Internasional dalam Mengurangi Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Perikanan di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum (50), 2, 119–130.

Lailiyah, U. S., Rahardjo, S., Kristiany, M. G. E., & Mulyono, M. 2018. Produktivitas Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Tambak Superintensif di PT. Dewi Laut Aquaculture Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan. Vol: 1 No: 01

Melinia, R., Bidayani, E., & Robin. 2022. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Kesejahteraan Pembudidaya Ikan Konsumsi Air Tawar. Jurnal Pengabdian Perikanan Indonesia. Vol. 2, No. 3.

Mukti, A. T. 2019. Perbedaan Metode Pemeliharaan Ikan Hias Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Hias. Grouper, 10 (April), 11–17.

Sari, M. N., & Yuliasara, F. 2020. Dampak Virus Corona (Covid-19) Terhadap Sektor Kelautan dan Perikanan: A Literature Review. Journal of Tropical Marine Research, 2(2).

Setiawan, E., Suwarman, R.F., Firmansyah, A., & Saputra, M.D. 2021. Pelatihan Budidaya dan Pemasaran Ikan Cupang untuk Mengatasi Masalah Ekonomi di Masa Pandemi. Abdimas Sang Buana 2(1): 20-28.

Singarimbun M. 1987. Metode Penelitian Survei. Edisi Revisi. Penerbit PT. Pustaka LP3ES Indonesia, Jakarta.

Statistik KKP. 2024. Jumlah Rumah Tangga Perikanan Budidaya di Kabupaten Kediri. (https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=rtp_kabupaten_budidaya&level=kabupaten_budidaya&i=3#panel-footer (diakses 8 Mei 2024)).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Ummung, A., Roswiyanti, Asgar, M.A., & Massiseng, A.N.A. 2022. Analisis Pemasaran Ikan Hias Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Balang Baru, Kota Makassar. Akuatikisle: Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Vol. 6 No. 1: 47-50

Worang, B.C.G.S., Sinjal, H.J., & Monijung, R.D. 2018. Strategi pengembangan budidaya perikanan air tawardi Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa UtaraProvinsi Sulawesi Utara. Jurnal Budidaya Perairan. Vol. 6 No.2: 68-76

Yulisa, H.R. 2018. Analisis Sektor Basis dan Klasifikasi Sub Sektor Perikanan Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Kediri. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v4i3.631

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.