Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan Peternakan Ayam Ras Petelur Zoeya Berkah Di Kelurahan Nalu Kabupaten Tolitoli

Serli Serli, Satria Satria, Nurhidayat Nurhidayat

Sari


Ayam petelur adalah ayam yang dibesarkan secara eksplisit untuk diambil telurnya. Ayam kampung Indonesia umumnya berasal dari ayam hutan dan ayam liar, yang diperoleh dan dibesarkan untuk telurnya. Telur ayam merupakan hasil dari rencana bawaan (akibat persilangan/perkembangbiakan) yang telah dilatih sebagai ayam petelur dan ayam pedaging.  Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Faktor-Faktor Produksi Usaha Peternakan Ayam Petelur Zoeya Berkah di Desa Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil yang diperoleh pada saat penelitian  adalah terdapat tiga faktor yang berhubungan dengan tingkat minat telur di petrernakan Zoeya Berkah, yaitu Harga, Grade (ukuran telur), dan Promosi dengan Koefisien Korelasi masing-masing sebesar 0,58, 0,43, dan 0,82. Hal ini disimpulkan bahwa dari ketiga faktor, kemajuan memiliki hubungan yang sangat mengesankan dengan produksi telur di peternakan Zoeya Berkah sehingga sangat mungkin menjadi salah satu perhatian yang penting dalam setiap usaha peternakan ayam petelur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmanu S, & Muharlien. (2018). Pengaruh Lantai Kandang (Renggang Dan Rapat) Dan Imbangan Jantan-Betina Terhadap Konsumsi Pakan, Bobot Telur, Konversi Pakan Dan Production. 12(2), 1–14.

Hasan, A. (2001). Berat Ideal Ayam Kampung. berat-ideal-ayam kampung. In Fakultas peternakan. Universitas Brawijaya. Fakultas peternakan. Universitas Brawijaya, Malang.

Maryuki, D. (2014). Pengertian dan Analisis Korelasi Sederhana dengan Rumus Pearson. http://teknikelektronika.com/pengertian-analisis-korelasi-sederhana- rumus- pearson

Nurcholis, A. (2018). Elastisitas Harga Telur Terhadap Minat Peternak Ayam Petelur Dalam Mengembangkan Usaha Peternakannya (Studi Kasus Di Desa Sukolilo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang). AVES: Jurnal Ilmu Peternakan, 12(1), 1–8.

Rasyaf. (2017). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Ayam Ras Petelur Di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima 50 Kota. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 13(3), 205–214.

Zulfikar. (2020). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usaha Ayam Petelur Di Kabupaten Wonosobo. Surya Agritama.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v4i1.486

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.