Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Tende Kabupaten Tolitoli

Fatmah Fatmah, Nurmala Nurmala, Marhayani Marhayani, Pitria Pitria

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi produksi telur ayam pedaging pada usaha peternakan warga di Desa Tende Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu April-Mei 2021.  Penentuan objek dan lokasi ditentukan secara purposive; dalam hal ini Desa Tende Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli dipilih berdasarkan pertimbangan Desa Tende terdapat peternakan ayam petelur yang belum pernah diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan berpengaruh nyata terhadap produksi telur adalah Vaksin (X1), Pakan (X2), dan Benih (X3) yang penggunaannya dianggap berpengaruh nyata terhadap produksi telur. Sedangkan secara parsial hanya Variabel Fedd (X2) yang berpengaruh positif terhadap produksi ayam petelur, sedangkan Variabel Vaksin (X1) dan Bibit (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi ayam petelur.

Kata kunci : Telur ayam ras, Faktor produksi, Analisis regresi linier berganda


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS Kabupaten Tolitoli. 2019. Kabupaten Tolitoli Dalam Angka 2020. Tolitoli.

Cindy D. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan, Heuristik Digunakan, dan Hasil Keputusan Pada Usaha Ayam Broiler.

Halim, Salam dan Muis, 2007. Tatalaksana pemeliharaan dan analisis usaha peternakan rakyat ayam ras petelur fase layer. Sekolah Tinggi

Penyuluhan Pertanian (STPP). Jurnal Agrisistem 3(1) : 44-53.

Mulyantini. 2011. Ilmu Manajemen Ternak Unggas. Gadjah Mada Universty Press, Yogyakarta.

Mustika N. D. 2011. analisis pendapatan usaha peternakan ayam petelur di kecamatan takeran kabupaten magetan https://eprints.ac.aid.

Prananto C. F. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha http://eprints.umm.ac.id.

Prasityo D. 2017. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usaha Ayam Broiler.

Rasyaf, M. 2012. Panduan beternak ayam pedaging. Niaga Swadaya.

Sinuraya M. A. 2019. Analisis Faktot-Faktor Yang Memengaruhi Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatra Utara.

Sugiarto. 2011. Analisa pengaruh BETA, SIZE Perusahaan, DERdan PBV Ratio Terhadap Return Saham. Jurnal Dinamika Akutansi. Vol 3 (1) : 8-14.

Sumarno. 2009. Manajemen Pemeliaraan Ayam Petelur di Peternakan PT. Sari Unggas Farm di Kabupaten Sragen. [Skripsi]. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Suprijatno dan Atmomarsono, 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suryana dan A. Hasbiano. 2008. Usaha Tani Ayam Buras di Indonesia: Permasalahan dan Tantangan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Selatan, Jalan Panglima Batur Barat No. 4, Banjarbaru.

Tugiyanti, E. dan N. Iriyanti. 2012. “Kualitas eksternal telur ayam petelur yang mendapat ransum dengan penambahan tepung ikan fermentasi menggunakan isolate produser antihistamin”. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. Vol. 1(2): 44-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v3i1.264

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.