Pemanfaatan Ekstra Daun Jambu Biji Terhadap Kualitas Fisik Telur

Jecklin Marlen Lainsamputty, Siska Knyarpilta, Rina Indriani Wetamsair, Yanti Makuku

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif penggunaan ekstra daun jambu biji dalam peningkatan masa simpan telur ayam ras. Penelitian menggunakan telur ayam ras segar umur 1 hari sebanyak 120 butir. Rancangan dalam penelitian yakni Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Kombinasi dalam perlakuan ini diantaranya T0 dengan waktu penyimpanan 0 hari (kontrol), T1 dengan waktu penyimpanan 14 hari, T2 dengan waktu penyimpanan 17 hari dan T3 dengan waktu penyimpanan 21. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kedalaman rongga udara, haugh unit dan youlk indeks. Data hasil penelitian selanjutnya di analisis berdasarkan analisis Rancangan Acak Lengkap dan ketika menunjukkan adanya pengaruh nyata di lanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perendaman memberikan pengaruh terhadap kondisi kedalaman rongga udara telur ayam ras, sedangkan pada variabel haugh unit dan youlk indeks tidak memberikan pengaruh.

 Kata kunci: Telur, Daya Simpan, Ekstra Daun Jambu Biji, 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahmawati, S., Setyawati, T. R., & Yanti, A. H. (2014). Daya simpan dan kualitas telur ayam ras dilapisi minyak kelapa, kapur sirih dan ekstrak etanol kelopak rosella. Jurnal Protobiont, 3 (1).

Kusnadi, J. (2018). Pengawet Alami untuk Makanan. Universitas Brawijaya Press.

Husni, E. (2015). Efek Zat Aktif Ekstrak Daun Jambu Biji Merah (Psidium guajava. L) Terhadap Kadar Follicle Stimulating Hormone (FSH) Dan Spermatogenesis Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Rahmawati, A. S., & Erina, R. (2020). Rancangan acak lengkap (RAL) dengan uji anova dua jalur. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 54-62.

Jazil, N., Hintono, A., & Mulyani, S. (2013). Penurunan kualitas telur ayam ras dengan intensitas warna coklat kerabang berbeda selama penyimpanan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 2(1).

Djaelani, M. A. (2016). Ukuran rongga udara, pH telur dan diameter putih telur, ayam ras (Gallus L.) setelah pencelupan dalam larutan rumput laut dan disimpanan beberapa waktu. Buletin Anatomi dan Fisiologi (Bulletin of Anatomy and Physiology), 1(1), 19-23.

Astuti, D. W., Nova, K., Sutrisna, R., & Septinova, D. (2022). Pengaruh Lama Penyimpanan Telur Herbal Ayam Ras Fase Pertama di Refrigerator terhadap Penurunan Berat Telur, Diameter Rongga Udara, dan Indeks Albumen. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan (Journal of Research and Innovation of Animals), 6(1), 15-21.

Purwati, D., Djaelani, M. A., & Yuniwarti, E. Y. W. (2015). Indeks kuning telur (IKT), haugh unit (HU) dan bobot telur pada berbagai itik lokal di Jawa Tengah. Jurnal Akademika Biologi, 4(2), 1-9.

Swacita, I. B. N., & Cipta, I. S. (2011). Pengaruh Sistem Peternakan dan Lama Penyimpanan terhadap Kualitas Telur Itik (The Effect Of Farming System And Long Storage To Duck’s Egg Quality). Buletin Veteriner Udayana Vol, 3(2), 91-98.

Purwati, D., Djaelani, M. A., & Yuniwarti, E. Y. W. (2015). Indeks kuning telur (IKT), haugh unit (HU) dan bobot telur pada berbagai itik lokal di Jawa Tengah. Jurnal Akademika Biologi, 4(2), 1-9.

Rahmawati, W. A., & Nisa, F. C. (2014). Fortifikasi kalsium cangkang telur pada pembuatan cookies (kajian konsentrasi tepung cangkang telur dan baking powder)[in press Juli 2015]. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3(3).

Pribadi, A., & Kurtini, T. (2015). Pengaruh Pemberian Probiotik dari Mikroba Lokal terhadap Kualitas Indeks Albumen, Indeks Yolk, dan Warna Yolk Pada Umur Telur 10 Hari. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 3(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v2i2.192

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.