Keanekaragaman Jenis Bintang Laut (Asteroidea) di Pantai Desa Bajugan, Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli

Dwi Utami Putri, Fika Potoboba

Sari


Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terluas di dunia dengan jumlah pulau mencapai 13 ribuan buah, letak yang strategis dan garis pantai yang panjang menjadikan Indonesia sebagai surga bagi banyak biota laut, dan untuk mengetahui jenis-jenis Bintang Laut yang ada di perairan desa Bajugan kecamatan Galang kabupaten Tolitoli provinsi Sulawesi Tengah, yang di duga memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, salah satunya yaitu bintang laut.dari hasil survey lapangan yang telah di lakukan di temukan beberapa jenis Bintang Laut namun belum diketahui jenisnya dan Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 sampai November 2021. Penelitian di laksanakan dengan mengunakan metode transek kuadrat dengan menarik garis lurus sepanjang 100meter ke arah laut dan jarak antar plot adalah 10meter, dan di temukan jenis Bintang laut yaitu, Protoreaster Nodosus, linckie laveigata, dan Nardoa Tuberculata Hasil pengamatan keanekaragaman bintang laut di desa Bajugan diperoleh hasil keanekaragaman yang  rendah.

Kata kunci :Keanekaragaman, bintang laut, pantai Desa Bajugan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggorowati, R. D. 2014. Keanekaragaman Jenis Asteroidea di Zona Intertidal Pantai Bama Taman Nasional Baluran. Skripsi. Universitas Negeri Jember.

Ashari, l. 2014. Struktur Dan Sebaran Komunitas Bintang Luat (Asteroidea) Di Perairan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura. Jurnal Penelitian. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor

Aziz, A. 1996. Habitat Dan Zonasi Fauna Ekhinodermata Di Ekosistem Terumbu Karang. Jurnal Oseana,Volume XXI,Nomor 2, 33- 43

Binambuni, P., Langoy, M., & Katili, D. Y. (2019). Keanekaragaman jenis bintang laut di pantai bahowo kecamatan bunaken kota manado sulawesi utara. Pharmacon, 8(1), 65–72.

Campbell, N. 2008.Biologi Jilid III, Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Fitriana, N. 2010. Inventarisasi Bintang Laut (Echinodermata : Asteroidea) Di pantai Pulau Pari,Kabupaten ADM. Kepulauan Seribu. Jurnal ilmia Faktor Exacta. Vol 3(2) : 167 -174

Human, P. dan Deloach N. 2010.Reef Creatur Identification Tropical Pasific. New World Publication, inc. ISBN 978-1878348-9

Mbana, Y. R., Daud, Y., & Bullu, N. I. (2020).Keanekaragaman Bintang Laut (Asteroidea) Di Pantai Lamalaka Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 3(2), 57-67.

Odum, E.P. 1993. Dasar-dasar Ekologi.Diterjemahkan dari Fundamental of Ecology oleh PT. Samingan. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Ramadhan, M. F. 2008. Sebaran Lokal Asteroidea (Echinodermata) Di Pulau Tikus, Kepulauan Seribu. [Skripsi].IPB. Bogor.

Romimohtarto, K dan S.S. Thayib, 1982. Kondisi Lingkungan Dan Laut di Indonesia, LON – LIPI, Jakarta:246 hal.

Susantie, D. 1997. Beberapa Aspek Reproduksi Bintang laut Protoreaster Nodosus. Makalah.FPIKUNSRAT. Manado.

Yusron, E., 2013. Biodiversitas Fauna Ekhinodermata (Holoturoidea, Echinoidea, Asteroidea dan Ophiuroidea) di perairan pulau Lombok, nusa tenggara barat. Jurnal Zoo indonesia, Vol 22(1).

Siddiq, A. M.2014. Keanekaragaman Jenis Holothuroidea di Zona Intertidal Pantai Bama Taman Nasional Baluran. Skripsi. Universitas Negeri Jember.

Shanker, D. 2013. Incidantel Catch and New Distributional Record Of Asteroids by Bottom Trawling Activites From Southeast Coast Of India. jurnal.vol 4 (1)

Supono., Ucu yanu dan Arbi. 2012. Kelimpahan dan keragaman Echinodermata di pulau pari, kepulauan seribu. jurnal ilmu dan teknologi kelautan tropis. vol 4(1)

Triana, R., Elfidasari, D., & Vimono, I. B. (2015). Identifikasi Echinodermata di selatan Pulau Tikus, Gugusan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. In Prosiding seminar nasional masyarakat biodiversitas Indonesia (Vol. 1, No. 3, pp. 455-459). Masyarakat Biodiversitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jago.v2i1.186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indeks by:

      

 


KANTOR EDITORIAL

JAGO TOLIS : Jurnal Agrokompleks Tolis

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN, UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI 

Jl. Madako No. 1 Kelurahan Tambun
Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia. 
Telepon: 085240411818

Email: jagoku2020@gmail.com, suardiaseq@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.