Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Kalangan Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.980Kata Kunci:
Media Sosial, , Interaksi Pembelajaran, Teknologi Informasi, Komunikasi, Paradigma PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran media sosial dalam meningkatkan interaksi pembelajaran di antara mahasiswa Universitas Madako Tolitoli. Dalam era Revolusi Industri, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma pendidikan, di mana media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sumber hiburan, tetapi juga sebagai alat yang efektif untuk mendukung proses belajar. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang mencakup wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus, studi ini mengidentifikasi pola pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa, serta tantangan dan peluang yang mereka hadapi dalam konteks akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram telah meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antara mahasiswa dan dosen, serta di antara mahasiswa itu sendiri. Media sosial memungkinkan pertukaran informasi yang cepat dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif. Namun, tantangan seperti distraksi dan penyebaran informasi yang tidak akurat juga diidentifikasi, yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi institusi pendidikan untuk merumuskan kebijakan penggunaan media sosial yang jelas, memberikan pelatihan literasi media, dan mengintegrasikan media sosial ke dalam kurikulum. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan generasi digital saat ini, serta mendorong Universitas Madako Tolitoli untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat pembelajaran yang strategis. Dengan pendekatan yang tepat, media sosial dapat menjadi pendorong interaksi akademik yang lebih produktif dan menciptakan budaya belajar yang adaptif dan kolaboratif di lingkungan pendidikan tinggi. Kata kunci : Media Sosial, Interaksi Pembelajaran, Penelitian Kualitatif, Wawancara Mendalam, Diskusi Kelompok Terfokus, Paradigma Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Lingkungan Pembelajaran Interaktif, Distraksi dalam Pembelajaran
Referensi
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, S., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan media pembelajaran era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Bangsawan, M. I. P. R. (2024). MASA DEPAN LITERASI: MINAT BACA DI ERA MEDIA SOSIAL. Pustaka Adhikara Mediatama.
Blegur, J. (2020). Soft skills untuk prestasi belajar: Disiplin percaya diri konsep diri akademik penetapan tujuan tanggung jawab komitmen kontrol diri. Scopindo Media Pustaka.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.
Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45–70.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310.
Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan pembelajaran dalam teknologi pendidikan di era ri 4.0.
Nartin, S. E., Faturrahman, S. E., Ak, M., Deni, H. A., Mm, C. Q. M., Santoso, Y. H., Se, S., Paharuddin, S. T., Suacana, I. W. G., & Indrayani, E. (2024). Metode penelitian kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Sabarini, S. S., Liskustyawati, H., Satyawan, B., Nugroho, D., & Putra, B. N. (2021). Persepsi dan Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengimplementasikan E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Deepublish.
Saugadi, Nuralan, S., & Ikbal. (2025). Transformasi Pendidikan Di Era Artificial Intelligence (AI). 7(1), 107–111. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.915
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal analisa konten dan analisa tematik dalam penelitian kualitatif. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84.
Situmorang, D. Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 110–119.
Tang, Y., & Hew, K. F. (2022). Effects of using mobile instant messaging on student behavioral, emotional, and cognitive engagement: a quasi-experimental study. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1), 3.
Umardani, U. (2022). Supervisi Pembelajaran Dengan Focus Group Discussion Meningkatan Kemampuan Guru-Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran Dircovery. Daiwi Widya, 8(5), 150–172.
Williyan, A. (2023). Peran Platform Media Sosial dalam Mendorong Pembelajaran Kolaboratif Di Perguruan Tinggi. Indonesian Journal of Cyber Education, 1(1), 1–12.
Wiragunawan, I. G. N. (2022). Pemanfaatan learning management system (LMS) dalam pengelolaan pembelajaran daring pada satuan pendidikan. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 82–89.