TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

Penulis

  • Saugadi SINTA ID 6679523, Universitas Madako Tolitoli
  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli
  • Ikbal Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.915

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan, Transformasi Pendidikan, Sistem Pembelajaran, Peran Guru, Teknologi Digital

Abstrak

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa dampak signifikan terhadap transformasi pendidikan di seluruh dunia. Pendidikan yang sebelumnya bersifat konvensional, kini mulai beralih ke sistem pembelajaran yang lebih adaptif, personal, dan berbasis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan paradigma pendidikan akibat hadirnya AI, khususnya dalam konteks sistem pembelajaran, peran pendidik, dan pengembangan kurikulum. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai jurnal ilmiah, laporan riset, serta praktik terbaik global yang berkaitan dengan penerapan AI dalam pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran melalui sistem pembelajaran cerdas, asisten virtual, dan analisis data pembelajaran siswa. Namun, tantangan etika, keamanan data, dan kesenjangan digital masih menjadi isu yang perlu diatasi. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara teknologi dan kebijakan pendidikan untuk menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, adaptif, dan berkelanjutan di era digital.

Biografi Penulis

Sitti Nuralan, Universitas Madako Tolitoli

Teknologi Pendidikan

Ikbal, Universitas Madako Tolitoli

Teknologi Pendidikan

Referensi

Creswell, J. W., Fetters, M. D., & Ivankova, N. V. (2004). Designing a mixed methods study in primary care. The Annals of Family Medicine, 2(1), 7–12.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.

Kurdi, M. S. (2021). Realitas virtual dan penelitian pendidikan dasar: Tren saat ini dan arah masa depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60–85.

Nuralan, S. (2022). IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA SDN 1 BUGA. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1). https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.210

Pambudi, Y. J., Priyadi, D. T., Rahmawati, A., & Ratana, D. S. (2024). Cross Border E-Commerce: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 31–44.

Pramono, A. E., Santoso, D. B., & Salim, M. F. (2021). Ketepatan Kodifikasi Klinis Berdasarkan ICD-10 di Puskesmas dan Rumah Sakit di Indonesia: Sebuah Studi Literatur Accuracy of Clinical Codefication based-on ICD-10 in Primary Health Center and Hospitals in Indonesia: A Literature Review. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 4(2).

Priharsari, D. (2022). Systematic literature review di bidang sistem informasi dan ilmu komputer. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(2), 263–268.

Rahim, A. (2022). EVALUASI ESAI OTOMATIS DENGAN ALGORITMA NAZIEF & ADRIANI DAN WINNOWING. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1). https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.212

Ramadanty, J., Harefa, T., & Mukhtaruddin, M. (2025). Optimizing Tax Planning Strategy in Merger and Acquisition Transactions: A Systematic Literature Review. Social Science Studies, 5(2), 142–159.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Ulya, A., Astuti, R. W., & Islamiyyah, S. S. A. (2023). Konsep Dasar IPS dan Implementasinya di Sekolah. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 225–237.

Van Veldhoven, Z., & Vanthienen, J. (2022). Digital transformation as an interaction-driven perspective between business, society, and technology. Electronic Markets, 32(2), 629–644.

Woolley, M. (1992). Using statistics for desk research. Aslib Proceedings, 44(5), 227–233.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-29

Cara Mengutip

Saugadi, Nuralan, S., & Ikbal. (2025). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(1), 107–111. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.915

Terbitan

Bagian

Artikel