HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Arsyil Waritsman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika Siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di sekolah tersebut, sedangkan sampel dalam penelitan ini adalah 40 siswa kelas X, 45 siswa kelas XI, dan 28 siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar sedangkan data prestasi belajar diambil dari data prestasi belajar matematika yang ada di sekolah tersebut. Data  kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci: hubungan, motivasi, prestasi, belajar, matematika


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Hamdi, S., & Abadi, A. M. (2014). Pengaruh motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77-87.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Hidayat, A. F. (2013). Hubungan regulasi diri dengan prestasi belajar kalkulus ii ditinjau dari aspek metakognisi, motivasi dan perilaku. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1).

Inayah, R. (2013). Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar siswa, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. S2 Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal riset pendidikan matematika, 1(2), 176-187.

Malykh, S. (2016). The role of personality traits and intelligence in academic achievement of Russian high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 1304–1309.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students (6th. Ed.). Boston, MA: Allyn & Bacon,Inc.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemdikbud.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i1.91

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.