Pendekatan Berdiferensiasi dan Dampaknya terhadap Kemampuan Penalaran Matematis SMK Negeri 1 Tolitoli

Penulis

  • Anna Mulyana Universitas Terbuka
  • Yumiati Universitas Terbuka
  • Ardi Dwi Susandi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.906

Kata Kunci:

Pendekatan Berdiferensiasi, Penalaran Matematis, Pembelajaran Matematika, SMK, Quasi-Eksperimen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMK Negeri 1 Tolitoli. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMK yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang seragam dan tidak mempertimbangkan perbedaan karakteristik siswa. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain Non-random Pre-test Post-test Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas pada kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga serta dua kelas pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, yang masing-masing dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian mencakup tes kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pendekatan berdiferensiasi memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil post-test kelompok eksperimen dan kontrol pada kedua kompetensi keahlian. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMK dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang adaptif dan kontekstual.

Referensi

Agusdianita, N., Ayudia, V. & Tarmizi, P., 2024. Pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Penggerak di Kota Bengkulu. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), pp.123–134. Available at: https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.86105.

Cindyana, E.A., Alim, J.A. & Noviana, E., 2022. Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbantuan materi ajar geometri berbasis RME terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas 3 sekolah dasar. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), pp.1180–1190. Available at: https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837.

Doe, J., 2021. The impact of differentiated approach on mathematical reasoning ability. Journal of Mathematics Education, 45, pp.34–45.

Haryanti, C.F., 2024. Peningkatan kemampuan penalaran matematika melalui pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Waru. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), pp.135–144. Available at: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7431.

Pei, Q. et al., 2025. MathFusion: Enhancing mathematic problem-solving of LLM through instruction fusion. arXiv preprint, arXiv:2503.16212. Available at: https://arxiv.org/abs/2503.16212.

Putri, R.P., 2022. Hubungan antara pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), pp.55–65. Available at: https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.3107.

Rahman, A. & Wahyudi, A., 2023. Analisis kebutuhan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(2), pp.245–256. Available at: https://doi.org/10.21831/jpv.v13i2.54762.

Rizqia, R., Senjayawati, E. & Kadarisma, G., 2022. Analisis pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), pp.741–750.

Sari, D.P. & Nugroho, S.E., 2023. Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 40(3), pp.312–320. Available at: https://doi.org/10.15294/jpp.v40i3.61245.

Septiani, A., Sofnidar, S. & Simatupang, G.M., 2024. Pengaruh model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), pp.45–56. Available at: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/5205.

Smith, J., 2020. Enhancing mathematical reasoning skills through differentiated instruction. International Journal of Educational Research, 78, pp.112–120.

Taruklimbong, E.S.W. & Sihotang, H., 2023. Peluang dan tantangan penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp.26745–26757

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Mulyana, A., Yumiati, & Susandi, A. D. (2025). Pendekatan Berdiferensiasi dan Dampaknya terhadap Kemampuan Penalaran Matematis SMK Negeri 1 Tolitoli. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(1), 89–94. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.906