EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN SABANG

Penulis

  • Moh Rudini Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v2i1.90

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas analisis butir soal mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SDN Sabang dan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kualitas guru dalam menyusun soal mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Sabang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas guru kelas IV dalam menyusun soal melalui kriteria tes yang baik yaitu validitas, reliabilitas, objektif, praktis dan ekonomis belum menunjukkan efektif karena guru belum melakukan uji reliabilitas pada soal pilihan ganda mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Sabang.Kata Kunci: efektivitas, butir soal, kualitas

Referensi

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Kunandar. (2014). Penilaian autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, A. (2014). Penilaian autentik: proses dan hasil belajar. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong. (2004). Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.

Mulyasa E., (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Othenk. (2008). Pengertian Efektivitas dan Landasan Teori Efektivitas. Tersedia di http://literaturbook.blogspot.co.id (diakses tanggal 02 April 2019).

Runtukahu, J. T. dan Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2010/217), diaksespada10 April 11.30 WITA. 2019.

Waritsman, A., & Wutsqa, D. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 183-196. doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1153

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis Bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2020-05-01

Cara Mengutip

Rudini, M. (2020). EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN SABANG. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 2(1). https://doi.org/10.56630/jti.v2i1.90

Terbitan

Bagian

Artikel