Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Pemasaran Produk Gula Merah Pada Usaha Kecil Menengah Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli

Penulis

  • Ardiyanti SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUJAHIDIN
  • Yahya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin
  • Nur Alam SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUJAHIDIN

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.893

Kata Kunci:

Nilai Tambah, Efisiensi Pemasaran, Gula Merah

Abstrak

Kajian Penerapan Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Pemasaran Produk Gula Merah Pada Usaha Kecil Menengah Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Pembimbing I Bapak Bustam dan Pembimbing II Ibu Nur Alam.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui nilai tambah yang dihasilkan petani pada produk pengolahan gula merah di Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, 2) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran terkait dengan margin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan dan biaya produk pengolahan gula merah di Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dalam menjelaskan variable yang diteliti dengan melibatkan 11 orang informan kunci yang terlibat secara langsung mulai dari proses pengolahan gula merah hingga distribusinya ke tangan konsumen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Mengolah air nira menjadi gula merah menyebabkan adanya nilai tambah pada komoditi Aren. Nilai tambah dapat berupa nilai tambah pada produk, dimana bahan baku yang semula merupakan bahan mentah dari proses pengolahan dapat dimanfaatkan sehingga lebih bernilai ekonomi; 2) Keempat saluran pemasaran gula merah tergolong sangat efisien, setiap saluran pemasaran mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada biayanya.

Referensi

Agustina, I. F. (2024). Buku Ajar Pengantar Sistem Ekonomi Indonesia. In Buku Ajar Pengantar Sistem Ekonomi Indonesia. https://doi.org/10.21070/2024/978-623-464-086-1

Andri Ananda, Dang Sri Chaerani, G. (2021). NILAI TAMBAH DAN EFISIENSI PEMASARAN BUBUK KOPI JANGGUT DI JORONG SUNGAI LAMBAI KENAGARIAN LUBUK GADANG SELATAN KECAMATAN SANGIR KABUPATEN SOLOK SELATAN. UNES JOURNAL MAHASISWA PERTANIAN, 5(2).

Bustam. (2020). ANALISIS NILAI TAMBAH, RANTAI PASOK DAN EFESIENSI PEMASARAN PRODUK PENGOLAHAN ARANG TEMPURUNG DI KECAMATAN BOLANO LAMBUNU KABUPATEN PARIGI MOUTONG SULAWESI TENGAH. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 2(2). https://doi.org/10.47824/jme.v2i2.49

Hamsal, H., & Hermanto, B. (2022). Analisis Biaya Produksi, Pendapatan, Efisiensi Dan Nilai Tambah Terhadap Pemasaran Pada Usaha Dagang. Management Studies and …, 3(1).

Hanafiah, M. (2022). Analisis Penggunaan Dompet Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode K-Prototype. Vol. 2 No. 7 (2022): Jurnal Ilmu Data, 2(7).

Hayami, Y., Kawagoe, T., Morooka, Y., & Siregar, M. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java A Perspective From A Sunda Village. In CGPRT Centre (Issue 8).

Lestari, A. (2021). Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Pembertdayaan Masyarakat Di Desa Batuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 3(1), 24–33.

Philip, K., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Purnamasari, W. O. D. (2022). Analisis Nilai Tambah Kelapa Menjadi Kopra dan Arang Tempurung di Desa Kakenauwe Kabupaten Buton. Media Agribisnis, 6(1). https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i1.2462

Saefullah, L., Arsyad, A., & Miftah, H. (2019). ANALISIS KOMPARASI USAHATANI DAN MARGIN TATANIAGA USAHATANI WORTEL ORGANIK DAN WORTEL NON ORGANIK. JURNAL AGRIBISAINS, 4(1). https://doi.org/10.30997/jagi.v4i1.1544

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-07

Cara Mengutip

Ardiyanti, Yahya, & Alam, N. (2025). Analisis Nilai Tambah Dan Efisiensi Pemasaran Produk Gula Merah Pada Usaha Kecil Menengah Malangga Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(1), 101–106. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i1.893