Persegeseran Persepsi: Pameran Arsitektur sebagai Alat Pedagogis Imersif Melalui Educational Experience untuk Calon Mahasiswa

Penulis

  • Putri Nur Sakinah Universitas Madako

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.884

Kata Kunci:

Alat pedagogis, Arsitektur, Pameran, Persepsi, Siswa

Abstrak

Menjadi siswa tingkat akhir di sekolah menengah atas merupakan tahap yang mengharuskan siswa untuk menentukan bidang studi setelah lulus. Kebingungan terjadi dalam memilih bidang studi, karena banyak sekali persepsi dan informasi yang salah terkait bidang studi, salah satunya adalah ilmu Arsitektur. Kesalahpahaman tentang pendidikan Arsitektur terus terjadi, terutama hubungannya dengan keterampilan menggambar dan kompleksitas teknis, yang membuat siswa enggan untuk memilih Arsitektur sebagai bidang studi. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pameran yang dipimpin oleh mahasiswa dapat berfungsi sebagai alat pedagogis untuk membentuk kembali persepsi calon mahasiswa. Diselenggarakan di Universitas Madako selama dua hari, pameran ini memamerkan tugas desain studio dan memfasilitasi diskusi interaktif dengan para siswa sekolah menengah atas sebagai pengunjung. Penelitian ini menggunakan survei sebelum dan sesudah kegiatan, dengan tujuan mengeksplorasi pergeseran dalam pemahaman siswa tentang Arsitektur sebagai disiplin ilmu yang multidisiplin, mengenalkan kegiatan akademis dan non-akademis, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang melatarbelakangi minimnya minat terhadap Arsitektur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pameran tugas desain tidak hanya memperjelas proses pembelajaran di balik pendidikan Arsitektur, tetapi juga mengungkapkan hubungannya dengan pemikiran kreatif, pemecahan masalah, kesadaran lingkungan, dan relevansi karir. Penelitian ini mengusulkan metode efektif untuk menggunakan pedagogi performatif dalam penjangkauan desain, yang berkontribusi pada diskusi yang lebih luas tentang pedagogi Arsitektur dan keterlibatan siswa.

Referensi

Baker, P. J. (2011). Three configurations of school-university partnerships: An exploratory study. Planning and Changing, 42, 41–62.

Brown, C., & Austin, T. (2014). Teaching exhibition design through a pedagogy of creative problem-solving. The Exhibitionist, Fall, 42–47.

Charmaz, K. (2014). Constructing Grounded Theory. SAGE Publications.

Germeijs, V., Luyckx, K., Notelaers, G., Goossens, L., & Verschueren, K. (2012). Choosing a major in higher education: Profiles of students’ decision-making process. Contemporary Educational Psychology, 37(3), 229–239. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2011.12.002

Kamakshi Vaidya, A. (2016). Architecture Pedagogy-An Overview. International Journal of Research in Civil Engineering, 4(1), 136–138.

Kohlbacher, F. (2006). The Use of Qualitative Content Analysis in Case Study Research. Forum: Qualitative Social Research, 7.

Ministry of Human Resource Development Government of India. (2020). Guidelines for Innovative Pedagogical Approaches & Evaluation Reforms.

Nunez Rodriquez, N., Disanto, J., Varelas, A., Brennan, S., Wolfe, K., & Ialongo, E. (2017). Building Understanding of High School Students’ Transition to College. International Journal of Teaching, 29(2), 402–411.

Permana, Z. R., Agustina, S., Fadilisyakur, A. A., & Kembara, M. D. (2024). The Role of Parents in Helping Children Choose a College Major. Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.36624/jisora.v7i1.138

Pickhardt, C. (2017). Adolescents, Parents, and the Power of Self-Esteem. Psychology Today.

Purnomo, D. (2019). Karakter Visual Fasade Bangunan Koridor Jalan Cik Ditiro Yogyakarta. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 1(1), 54–62.

Sheldon, K. M., Holliday, G., Titova, L., & Benson, C. (2020). Comparing Holland and Self-Determination Theory measures of career preference as predictors of career choice. Journal of Career Assessment, 28(1), 28–42.

YORGANCIOĞLU, D., TUNALİ, S., & ÇETİNEL, M. (2021). Undergraduate Architecture Students’ Perceptions of the Reasons for Their Choice(s) of Profession. Anadolu Journal of Educational Sciences International, 11(2), 752–770. https://doi.org/10.18039/ajesi.881471

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-08

Cara Mengutip

Sakinah, P. N. (2025). Persegeseran Persepsi: Pameran Arsitektur sebagai Alat Pedagogis Imersif Melalui Educational Experience untuk Calon Mahasiswa. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(2), 124–131. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.884