Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Kontektual
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v6i2.768Kata Kunci:
Inovasi kurikulum; implikasi; pembelajaran konstektualAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki metode dan kurikulum pengajaran yang inovatif dalam konteks pendidikan kontekstual di sekolah. Pembelajaran kontekstual adalah jenis pendidikan yang menghubungkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata untuk meningkatkan relevansi dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan pustaka kajian (library study). Mengkaji teori, atau hubungan hubungan antar variabel dari buku dan jurnal, dapat dilakukan secara offline maupun online menggunakan sumber seperti mendeley, scholar, dari, dan media online lainnya. Temuan studi menunjukkan bahwa inovasi kurikulum dalam pendidikan kontekstual dapat meningkatkan motivasi kurikulum dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, pendekatan ini dapat membantu siswa mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah siswa di kelas, Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual merupakan strategi efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia nyata.
Referensi
Fatimah, I. F. (2021). Strategi inovasi kurikulum. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30.
Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 43–58.
Harahap, E. (2022). Inovasi Kurikulum. Penerbit NEM.
Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen inovasi kurikulum: Karakteristik dan prosedur pengembangan beberapa inovasi kurikulum. MUNTAZAM, 2(01).
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.
Mariam, S., & Sukirman, D. (n.d.). Inovasi Kurikulum.
Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. Jurnal Miskat STAI Siliwangi Bandung Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.
Nurhayati, L. H., & Rosyadi, K. I. (n.d.). DETERMINASI MINAT BELAJAR DAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI KREATIVITAS MAHASISWA. Idea, 3, 1503.
Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). KINERJA KEPALA SEKOLAH KINERJA KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 634–644.
Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ). 3(1), 451–464.
Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1).
Prastyawan, P. (2011). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 5.
Rasyidi, M. (2019). Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 33–50.
Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476.
Safnowandi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Literasi Sains Siswa. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 40–54.
Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Sudrajat, T., Komarudin, O., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Inovasi kurikulum dan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 339–347.
Suherman, A. (2011). Inovasi Kurikulum. File. Upi. Edu, 1207245.
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia menghadapi tuntutan kompetensi abad 21. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27–50.
Zarkasyi, A. H., Himam, A. S., Lubis, R. H., Prameswari, S. K., Badriya, I., & Gontor, U. D. (2024). Inovasi kurikulum. Jurnal Inovasi Kurikulum, 21(1), 305–316.