Analisis Margin Dan Saluran Pemasaran Ayam Broiler Di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli

Authors

  • Satria Satria Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
  • Serli Serli Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
  • Miranda Miranda Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v6i2.681

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jalur pemasaran ayam pedaging (Broiler) di Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Toli-Toli. Waktu pelaksanaan penelitian dan pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Desember 2023 sampai dengan Bulan Januari 2024. Penentuan objek dan lokasi penelitian ditetapkan secara sengaja (purposive), dalam hal ini dipilih Kelurahan Baru Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, dengan pertimbangan bahwa Kelurahan Baru merupakan daerah yang memiliki populasi ayam pedaging (Broiler) terbesar dan produksi tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Jalur pemasaran 1 adalah produsen – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsmen. Sedangkan jalur pemasaran 2 adalah produsen – pedagang pengecer – konsumen dan jalur pemasaran 3 adalah produsen – konsumen. 2) Margin Pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp 35.000, saluran pemasaran 2 sebesar Rp 40.000 dan saluran pemasaran sebesar 3 Rp.0,00. 3) Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar 30,07%, saluran pemasaran 2 sebesar 38,42% dan saluran 3 sebesar 3,03% dengan demikian lebih efisien jalur pemasaran 3. Kata kunci : Analisis, Margin Pemasaran, Saluran Pemasaran, Ayam Pedaging

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tolitoli, 2023

Mandak Yudianto, Rorimpandey, B., P. O. V. Waleleng, F. N. S. Oroh. 2017 Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado. Jurnal Zootek. Vol. 37 No. 1 : 70- 79

Musyafir, 2018. Margin dan Efisiensi Pemasaran Ayam Broiler Di Pt. Nusantara Inti Satwa Kabupaten Bima. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar

Rais, F, 2013. Beef marketing efficiency in Gorontalo City. Jurnal KIM Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 1 (1) : 1-10

Rasyaf 2008.Panduan Beternak Ayam Pedaging. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rosmawati, H. 2011. Analisis efisiensi pemasaran pisang produksi petani di kecamatan lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu . Jurnal Agronobis. Vol. 3 (5) : 1-9

Siti H. D. 2016. The study of marketing channel and efficiency of sentul chicken (a case study of farmers group in barokah abadi farm Kabupaten Ciamis). Jurnal Universitas Padjajaran. Vol 5 (2) : 14-30

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Malang, UMM Press.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Yulianti Dewi, Uchyani R, Qonita A. 2018. Analisis Margin Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Karanganyar. Jurnal AGRISTA : Vol. 6 No. 4 Desember 2018 : 11-19

Published

2024-08-01