Efektifitas Penggunaaan Aplikasi Mobile JKN Bagi Peserta BPJS Kesehatan Di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v6i1.677Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Mobile JKN sebagai alat untuk mengakses dan mengelola layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan di Kota Bandung. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 5 peserta BPJS Kesehatan yang aktif menggunakan aplikasi Mobile JKN. Data dikumpulkan untuk mengeksplorasi pengalaman pengguna, persepsi terhadap kegunaan aplikasi, serta tantangan yang dihadapi dalam penggunaannya. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap aplikasi Mobile JKN memberikan kemudahan dalam mengakses informasi kesehatan, mengelola klaim, dan memantau status kepesertaan mereka. Meskipun demikian, beberapa responden mengalami kendala terkait akses internet yang tidak stabil dan kompleksitas dalam memahami proses klaim. Efektivitas penggunaan aplikasi Mobile JKN memberikan gambaran yang mendalam tentang sejauh mana aplikasi ini memenuhi harapan dan kebutuhan peserta BPJS Kesehatan Studi ini menyoroti pentingnya aplikasi Mobile JKN sebagai alat yang efektif dalam memfasilitasi aksesibilitas dan pengelolaan layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan di Kota Bandung. Meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi, aplikasi ini memiliki potensi besar untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan secara digital di Indonesia.
References
Bahri, S., & Azmi Siregar, A. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL). Industrial Engineering Journal, 11(1). https://doi.org/10.53912/iej.v10i2.721
Banowati, L., Revilia, D., & Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, S. (2021). TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN ONLINE PADA APLIKASI MOBILE JKN.
Br Sagala, R., & Hajad, V. (2022). Inovasi Pelayanan Kesehatan Mobile JKN Di Kantor BPJS Kota Subulussalam. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 4(1). https://doi.org/10.24076/jspg.2022v4i1.775
Harsono, H., Sugiharto, S., & Rinayati, R. (2021). Persepsi Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Berbasis Technology Acceptance Model Di Klinik Pratama Surya Medika Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.793
Mareta Kusumawati, R., Wulandari, K., Kesehatan Masyarakat, S., & Kesehatan Masyarakat, F. (2024). Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Mobile JKN JKN Mobile Application Utilization. In 52 • Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI (Vol. 13, Issue 01). https://www.bpjs-kesehatan.
Muhammadiyah Jember, U., Zinda Nihriroh, A., Arifianto, D., & Maryam Zakiyyah, A. (2023). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Impotance Performance Analysis Analysis Of Participant Satisfaction With JKN Mobile Application Using Importance Performance Analysis. In Jurnal Smart Teknologi (Vol. 4, Issue 2). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JST
Prasetiyo, R. A., & Safuan, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 971. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6338
Rahmawati, D., Febisatria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta Aditya Liliyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta Alamat, A., Slamet Riyadi No, J., & Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, K. (2024). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN. 2(2), 384–394. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.976
Suhadi, S. (2022). DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP PELAYANAN BPJS. Jurnal Kesehatan, 15(1), 11–23. https://doi.org/10.23917/jk.v15i1.15977
Zilah, A., & Adinugraha, H. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Bagi Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Pekalongan. Ebisma (Economics, Business, Management, & Accounting Journal), 3(2), 127–132. https://doi.org/10.61083/ebisma.v3i2.37