Analisis Pendapatan Petani Hortikultura Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli

Elfirah Salviah, Alfansyah Fathur, Fiansi Fiansi, Trisna Trisna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar tingkat pendapatan petani hortikultura dan untuk menganalisis komoditas usahatani hortikultura manakah yang pendapatan lebih tinggi. Hasil penelitian ini adalah rata-rata pendapatan petani hortikultura yang diperoleh oleh petani sayur/buah di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli selama satu musim tanam adalah sebesar Rp.341.250 per musim tanam atau Rp. 7.494.750 per Ha atau ½ Ha. Usahatani selama satu musim tanam untuk jeruk rata-rata sebesar 3,52, sayuran kangkung rata-rata sebesar 3,99 dan sayuran sawi rata-rata sebesar 4,07 sehingga bertani sayuran sawi lebih menguntungkan dalam usahatani dibandingkan sayuran kangkung dan buah jeruk maka dapat disimpulkan bahwa keuntungan yang didapat oleh petani hortikultura pada usahatani ini sangat menguntungkan dan bisa meningkatkan pendapatan para petani.

Kata kunci : Pendapatan, Petani dan Holtikultura


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abd. Rahim dan Diah Retno Dwi Hastuti. 2008. Pengantar, Teori dan Kasus Ekonomika Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.

Bappenas, K. P. 2019. Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 - 2024. Jakarta Pusat: Bappenas, Kementerian PPN.

Sunaryono, Hendro H. 2003. Budidaya Cabai Merah Cetakan Ke V. Bandung: Sianar Baru Algensindo.

Badan Pusat Statistik, 2023. Data Statistik Indonesia. Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, 2023. http://demografibgs.go.id. (accessed 27 Agustus 2024)

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/tolis.v6i1.675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.