Strategi Guru Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas VII SMP Untuk Meningkatkan Pembelajaran PPKn Yang Efektif Dan Efisien

Haidar Hasan, Afifah Istiqomah, Yolpi Wukungsenggo, Nasriani Nasriani

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan strategi guru dalam proses pembelajaran PPKn yang masih membutuhkan dasar penunjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk a) menganalisis konsep strategi yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran PPKn., b) menemukan persoalan yang menghambat proses pengembangan karakter dalam pembelajaran PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif dimana proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun interpretasi dari penelitian ini adalah a) strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan pembelajaran PPKn yaitu dengan menerapkan metode diskusi, yang masih perlu dibarengi dengan pemberian dasar penunjang kepada para siswa tentang sebuah konsep strategi pembelajaran yang digunakan dapat menunjang para siswa dalam melaksanakan pembelajaran berbasis masalah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budihartini, Tentrem. 2022. “Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mirit.” 2(1): 88–93.

Febnasari, Sindy Deni, Zainal Arifin, dan Eka Sari Setianingsih. 2019. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi ‘TPS’ untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(3): 315.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. 2020. “Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Fikri, Asyrul, Fitri Alfiani, Ahmad Faujiyanto, dan Ega Putri Pertiwi. 2021. “Kolaborasi Metode Diskusi dan Tanya Jawab untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah di MA Bahrul Ulum Kecamatan Dayun.” Riau Education Journal (REJ) 1(1): 9–14. https://jurnal.pgririau.or.id/index.php/rej/article/download/6/2.

Kurniawan, Mohammad Wahyu, dan Wuri Wuryandani. 2017. “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14(1): 10–22.

Purnamasari, Anggun, dan Amir Salim. 2021. “Penerapan strategi belajar concept mapping dengan metode diskusi pada mata pelajaran fisika di smp negeri 16 palembang 1.” 13(02): 144–53. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia.%0APENERAPAN.

Rotama, Angga Dian, Tri Wahyu Budiutomo, dan Ahmad Nasir Ari Bowo. 2020. “ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA.” Academy of Education Journal 11(01): 24–35.

Stkip, Subhan, dan Taman Siswa Bima. 2022. “Globalisasi dan Sosial Masyarakat.” 3: 251–58. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj.

Zakaria, Moh Supriyanto, Ernawati, dan Soubar Isman. 2019. “Efektifitas Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PKn Di MTs Nurul Karomah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 3(2): 155–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/tolis.v6i1.662

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.