Strategi Komunikasi Humas Di Era Digital

Authors

  • Tiara Alivia UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ayu Sulistiya UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Lenny Kustina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rahmiani Nur Apnil UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Viesca Arianti Qonitah Salsabilah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sudadi Sudadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v6i1.658

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam bidang Public Relations, menjadikannya lebih penting sebagai penghubung komunikasi dan penyampai pesan. Teknologi komunikasi digital, terutama internet, menciptakan media baru dan perspektif baru dalam kegiatan Public Relations, seperti cyber Public Relations dan Net Public Relations. Di era ini, setiap individu perlu terus berkomunikasi untuk mendapatkan informasi terbaru, dan internet memberikan kemudahan untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu. Praktisi Public Relations harus beradaptasi dengan media digital untuk menyebarkan informasi, mengelola krisis, dan membangun hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan. Penggunaan data analitik, pembuatan konten menarik, dan interaksi personal dengan audiens melalui platform digital adalah kunci inovasi Public Relations. Public Relations juga menghadapi tantangan etika terkait penggunaan teknologi seperti kecerdasan buatan dan analisis big data. Oleh karena itu, praktisi Public Relations harus mengintegrasikan teknologi dengan strategi komunikasi yang efektif, menjaga prinsip kejujuran, integritas, dan transparansi, serta bekerja sama dengan akademisi dan pembuat kebijakan untuk mengatasi tantangan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait, menyoroti pentingnya komunikasi Public Relations dalam membangun dan memelihara citra serta reputasi organisasi di era digital.

Author Biography

Tiara Alivia, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

mahasiswa manajemen

References

Hasna, S., & Irwansyah, I. (2019). Electronic Word of Mouth Sebagai Strategi Public Relation Di Era Digital. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 18. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.18-27

Herlina, S. (2015). Strategi komunikasi humas dalam membentuk citra pemerintahan di kota malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 4(3).

Hingga, S., & Krisis, S. (2020). Strategi Komunikasi Krisis pada Era Digital : Penggunaan Internet Dari C RISIS C OMMUNICATION S TRATEGY IN D IGITAL A GE : June 2018.

Panjaitan, C. V. P., Julkarnain, I., & Ginting, R. (2022). Persuasive communication of tax officials and tax sanctions on taxpayer compliance at the Pratama Tax Service Office of Medan Timur. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 8264–8275. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.4609

Rahmaniar, A. W., & Lestari, M. T. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Literasi Digital Melalui Media Sosial Instagram Kementerian Komunikasi Dan Informatika Communication Strategy in Socialization of Digital Literation Program Through Instagram Social Media Ministry of Communica. E-Proceeding of Management, 6(1), 1819–1827. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/8625

Satira, U., & Hidriani, 2rossa. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. 1(1), 179–202.

Published

2024-05-01

Issue

Section

Artikel