MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Manajemen pendidikan karakter melibatkan pendayagunaan semua sumber daya yang ada dalam pendidikan untuk mengembangkan dan membentuk karakter positif pada peserta didik. Manajemen pendidikan karakter peserta didik adalah suatu pendekatan yang berfokus pada pengembangan karakter dan nilai-nilai positif pada anak-anak pada atau peserta didik di lingkungan pendiidkan. Tujuannya adalah membantu peserta didik menjadi individu yang berkualitas dengan kepribadian yang baik, sikap positif, moral yang kuat, dan kembampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial mereka. Melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter peserta didik, karena melalui kegiatan tersebut mereka dapat belajar, berinteraksi, dan mengaplikasikan nilai-nilai yang diinginkan.
References
Ahmad, J. M., Adrian, H., & Arif, M. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam lingkungan keluarga. Jurnal Pendias, 3(1), 1–24. https://media.neliti.com/media/publications/29315-ID-urgensi-pendidikan-agama-luar-sekolah-
Darmiati. (2019). Manajemen Pendiidkan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekskul Pramuka. Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana, 999–1015.
Diana, S. R., & Afendi, A. R. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMPN 6 Tenggarong Seberang. 7, 1897–1903.
Fahmi, M. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter di SMA Al-Islami Nurul Ma’ad Bandung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 35–44.
Hadi, I. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, 3(1), 1–31.
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
Hukum, F., & Brawijaya, U. (n.d.). Pen d id ik an k arakter adala h s eb uah k eh ar u san. 1(1), 113–128.
Permendikbud, 2014. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 63 Tahun 2014, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 284–292. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p284
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Zhang, L., Zheng, X. L., Qiu, D. S., Cai, S. K., Luo, H. M., Deng, R. Y., & Liu, X. J. (2013). [Correlation analysis of major agronomic characters and the polysaccharide contents in Dendrobium officinale]. Zhong Yao Cai = Zhongyaocai = Journal of Chinese Medicinal Materials, 36(10), 1573–1576.