Analisis Epistemologi Personal Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Fisika
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v1i1.4Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Epistemologi personal mahasiswa dalam pemecahan masalah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP-UNTAD angkatan 2014. Responden diperoleh berdasarkan tes seleksi responden. Langkah-langkah dalam menganalisis epistemologi personal dianalisa menurut Hofer, kemudian dianalisis bagaimana mahasiswa menggunakan epistemologi personal dalam menyelesaikan permasalahan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa epistemologi personal memiliki peran penting bagi mahasiswa ketika menyelesaikan masalah. Penggunaan kesederhanaan pengetahuan berupa konsep dan akumulasi fakta yang kemudian didukung pembenaran pengetahuan berupa penggunaan bukti dan pengevaluasiaan klaim pengetahuan menjadikan responden dapat menyatakan sesuatu kebenaran yang didasari oleh kesederhanaan pengetahuan yang dimiliki responden. Responden yang memiliki kemampuan tinggi menjadikan kesederhanaan pengetahuan dan pembenaran pengetahuan sebagai dua variabel yang saling mendukung namun responden yang memiliki kemampuan menengah dan rendah hanya menggunakan salah satu dari variabel kesederhanaan pengetahuan dan pembenaran pengetahuan dalam memecahkan masalah.
References
Andres, C. E., Maria, B. L. and Andrea, P. M. (2014). Analizing high school students’ problem solving through their personal epistemologies. Argentina: Physics. Education. 8(1): 3-12.
Bråten, I. 2008. Personal Epistemology, Understanding of Multiple Texts, and Learning within Internet Technologies. In M. S. Khine (Eds.), Knowing, knowledge and beliefs: Epistemological studies across diverse culture (pp. 351-376). Norwegia: Springer Science+Business Media.
Fagnant, A., & Crahay, M. (2010). Theories of mind and personal epistemology: their interrelation and connection with the concept of metacognition. Belgium: Springer Science+Business Media. (DOI 10.1007/s10212-010-0045-2).
Hofer, B.K. (2000). Dimensionality and Disciplinary Differences in Personal Epistemology. English: Academic Press. (doi:10.1006/ceps.1999.1026)
Hofer, B. K., & Pintrich, P. R. (1997). The Development of Epistemological Theories: Beliefs about Knowledge Published on behalf of and Knowing and Their Relation to Learning. U.S.A: American Educational Research Association. (DOI: 10.3102/00346543067001088)
Wong, B., Khine, M. S. & Sing, C. C. (2008). Challenges and Future Directions for Personal Epistemology Research in Diverse Cultures. In M. S. Khine (Eds.), Knowing, knowledge and beliefs: Epistemological studies across diverse culture (pp. 445-455). Singapore: Springer Science+Business Media.