KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN, FUNGSI DAN RUANG LINGKUPNYA

Fatkhur Rohman Jamil, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi

Sari


Seluruh rangkaian tindakan yang diambil untuk mencapai suatu tujuan dari pengorganisasian hingga pengelolaan segalanya disebut sebagai administrasi. Latihan-latihan seperti mencatat, menulis surat, dan latihan komparatif lainnya tidak dapat disangkal disebut sebagai administrasi. Setiap bisnis, kantor, dan organisasi memiliki kerangka pengaturan karena hal ini. Dimana profesional disebut sebagai administrator atau staf administrasi melaksanakan tanggung jawab tersebut. Penulisan makalah ini menggunakan konsentrasi penulisan pada strategi dengan metode pengumpulan informasi melalui studi literatur yang diperoleh dari buku-buku, dan artikel-artikel di buku harian yang berkaitan dengan topik dan pembahasan. Istilah “administrasi pendidikan” dapat digunakan untuk menggambarkan proses tanpa akhir yang melibatkan penentuan dan penerapan berbagai strategi untuk memberikan pendidikan yang efisien dan efektif. Oleh karena itu, “proses pemantauan perolehan, pengelolaan, dan penilaian materi pendidikan di lembaga pendidikan” disebut sebagai “administrasi pendidikan”. Ungkapan "organisasi instruktif" menyinggung cara perencanaan yang paling umum pengganti untuk melakukan tugas yang berbeda untuk memenuhi misi instruktif dari dorongan vital yang sedang berlangsung. Istilah “administrasi pendidikan” berasal dari gabungan kata “administrasi” dan “pendidikan”, yaitu dua kata yang membentuk administrasi pendidikan. Dengan kata lain, administrasi pendidikan digunakan dalam bidang pendidikan agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Inilah tujuan utama administrasi pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Guntara, Fuad. 2022. “Ruang Lingkup Dan Fungsi Administrasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal el-Fakhru : Islamic Education Teaching and Studies 1(2): 107–19.

Hadijaya, Yusuf. 2012. “Administrasi Pendidikan.” : 1–179. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/64.

Harma, Tri rafi, and Ade Afriasyah. 2019. “Pentingnya Administrasi Dan Supervisi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan: 1–19.

Hasbiyallah, and Mahlil Nurul Ihsan. 2019. ADMINISTRASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ILMU ISLAM. ed. Ima malihah.

Hilal Mahmud. 2015. ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Menuju Sekolah Efektif). ed. Rustan S. penerbit Aksara Timur.

Mahidin. 2017. “Kajian Administrasi Pendidikan Di Dunia Pendidikan.” Jurnal Al-Irsyad Vol VIII(1): 131–38.

Maulana, M P, and S Suryana. 2021. “Upaya Tenaga Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah.” PeTeKa 4: 266–74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/4177.

Nasrawati. 2020. “ADMINISTRASI PENDIDIKAN SDN WAWOLAA KECAMATAN WAWONII BARAT KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN.” 21(1): 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Septiawansyah, Riyang. 2019. “Peranan Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada MTs DDI Cilellang, Kabupaten Barru.” Al-musannif: journal of islamic education and teacher training 1(1): 47–64.

Suarga. 2017. “Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Administrasi Pendidikan.” JURNAL IDAARAH I(20): 23–33.

Sudadi, and Akhmad Ramli. 2021. “Model Pembelajaran Sekolah Selamat Pagi Indonesia.” Cendikia 7(1): 152–62. https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/162.

Tinggi, Sekolah, Agama Islam, and Rasyidiyah Khalidiyah. 2022. “ADMINISTRASI PENDIDIKAN MASA PANDEMI.” ADIBA: journal of education 2(1): 142–55.

Ushansyah. 2017. “Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15(27): 13–22. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/download/1595/1163.

Zainuri. 2021. “Konsep Dasar, Fungsi Dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan.” Repository UNPI 3: 204. file:///D:/Keperluan TA/landasan teori/tujuan administrasi/Administrasi Pendidikan VICI OKTA.pdf.

Zainuri, Ahmad, Aquami, and Zainal Berlian. 2021. ADMINISTRASI PENDIDIKAN. ed. tim qiara Media. pasuruan, jawa timur: CV. PenerbitQiara Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jti.v5i1.360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.