UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TANYA JAWAB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 20 TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.340Abstrak
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Tanya Jawab Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN 20 Tolitoli. Pada umumnya, permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran di SDN 20 Tolitoli khusunya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V menunjukkan kegiatan pembelajaran yang belum optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang di peroleh siswa. Atas dasar inilah peneliti terdorong untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode tanya jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi awal dapat di lihat bahwa nilai rata-rata siswa pada studi awal 67,95 atau 36,36% yang tuntas dan 63,63% tidak tuntas, kemudian peneliti melakukan tindakan dengan cara menerapkan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 74,77 atau 59,09% yang tuntas dan 40,90% tidak tuntas, ini menunjukkan hasil yang belum maksimal sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II dimana pada siklus II ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa 77,5 atau 77,27% yang tuntas dan 22,72% tidak tuntas. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari siklus II ini peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa sudah maksimal atau sesuai dengan yang di inginkan oleh peneliti.
Referensi
Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1). https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650
Daradjat, Z. (2000). Metodologi Pengajaran Agama Islam. In Metodologi PAI.
Hidayat, R. &, & Syafriana, H. (2017). Filsafat Pendidikan Islam Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam. In LPPI.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Mengajar Di Sekolah Dasar. In Teori Belajar dan Mengajar Di Sekolah Dasar.
Wahyu, M. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Dalam Tradisi. In Penguatan Pendidikan Islam Informal Dan Non Formal.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 3(3.20), 3-40.