EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN 23 TOLITOLI

Sitti Iswariati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara detail tentang bagaimana Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 23 kecamatan baolan kabupaten tolitoli serta upaya kepala sekolah   dalam menunjang proses belajar mengajar. Untuk maksud tersebut maka sejumlah konseptualisasi teoritis digunakan untuk mengarahkan penelitian. adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari seorang wakil kepala sekolah, guru berjumlah 7 orang, tenaga pendidik 6 orang dan komite sekolah berjumlah 5 orang. Selanjutnya dalam memperoleh data-data yang diperlukan baik data sekunder dan data primer dilakukan mealalui studi ke perpustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan opserpasi ( pengamatan ) quisioner ( daftar pertanyaan ) dan interfiw ( wawancara ). Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara deskriptis kualitatif. Penarikan sampel dilakukan dengan tekhnik sampel jenuh 7 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran administrasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 23 Tolitoli kecamatan baolan kabupaten tolitoli serta mengetahui upaya kepala sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di SDN 23 Tolitoli Dalam penulisan ini, penulis menggunakan tipe deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan memberikan gambaran tentang kondisi objektif pada SDN 23 Tolitoli, terutama Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah demi meningkatkan kualitas sekolah, penulis menetapkan jumlah populasi sejumlah7 orang sebagai sampel dengan menggunakan metode sampel jenuh, karena sampel jumlahnya relatif sedikit. Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini, atasnya kami ucapkan banyak terima kasih.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M. M., Yusuf, R., & Darise, R. I. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Dan Penanaman Pohon Mangrove Desa Laulalang Kabupaten Tolitoli. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.17928

Amaliyah, N., & Pujiyanti, D. (2021). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hasan, H., & Istiqomah, A. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAM MEMBENTUK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN TOLITOLI UTARA. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian. https://doi.org/10.56630/jti.v4i2.257

Ihsan, I., Djailani, D., AR, A., & Ibrahim, S. (2014). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dI SD Negeri 62 Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 9.

Ikbal, I. (2022). KONTROL SOSIAL PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ANAK PADA MASYARAKAT DUSUN MALEMPA. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian. https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.209

Jalaluddin, J., Ibrahim, I., & Azwir, A. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP).

Lubis, U. A. (2015). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Analytica Islamica.

Siregar, S. (2016). Signifikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Sekolah Berbasis Manajemen Sekolah. In Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan.

Suprihatin, B. (2017). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Sahara Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jti.v5i1.323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.