KINERJA APARATUR PEMERINTAH DALAM PELAYANAN DI DESA BUNTUNA KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI

Authors

  • Ayu Lestari Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v3i2.273

Abstract

Kinerja atau prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai/Aparat Desa dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kinerja Aparatur Pemerintah dalam pelayanan di Desa Buntuna Kecamatan Baolan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Buntuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Dalam penelitian ini terdapat berbagai macam indikator sebagai alat ukur yang menjadi isi dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, yaitu antara lain kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas  dan tanggung jawab. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan berupa observasi, wawancara mendalam dan penelitian dokumen. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, Penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: Dalam upaya mengoptimalkan kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan publik, perlu adanya kualitas, kuantitas, pelaksanaan tugas dan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan, serta adanya pemahaman dan pengetahuan tentang apa saja yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Author Biography

Ayu Lestari, Universitas Madako Tolitoli

Administrasi Negara

References

Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, A. (2021). Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Pembertdayaan Masyarakat Di Desa Batuna Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 3(1), 24–33.

Mangkunegara. (2012). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. In Jakarta: Ghalia Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Mangkunegara, A. A. P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM (Kedua). In Refika Aditama.

Mangkunegara, A. P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM (Cetakan Keenam). In PT. Refika Aditama.

Mangkunegara Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. In PT. Remaja Rosdakarya. Bandung (Vol. 53, Issue 9).

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Wungu, J. (2003). Tingkatkan kinerja perusahaan anda dengan merit system.

Published

2021-11-30

Issue

Section

Artikel