MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KECAMATAN DONDO KABUPATEN TOLITOLI

Authors

  • Andi Nur’aini Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v3i2.268

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji manajemen pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan Pengamatan (Obsevasi), Wawancara, Dokumentasi, Informan di dalam penelitian ini berjumlah 7 orang dengan rincian 1 orang Camat Dondo sebagai informan kunci, 3 Orang bidang Pemerintahan Kecamatan dan 3 orang masyarakat Kecamatan Dondo sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan kualitatif yang bersifat induktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa bahwa pelaksanaan Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli belum terlaksana secara maksimal karena jika mengukur dengan menggunakan teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini, dari tiga indikator maka ada dua yang terpenuhi yaitu kultur pelayanan dan sistem pelayanan namun satu indikator tidak terpenuhi yaitu sumber daya manusia

Author Biography

Andi Nur’aini, Universitas Madako Tolitoli

Ilmu Pemerintahan

References

Ardiyanti, D. (2015). PROFESIONALISME PETUGAS UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 13(2), 117–120.

Firmansyah. (2016). Strategi Pelayanan Prima (Spp) Untuk Kepentingan Serta Kepuasan Pelanggan Dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4).

Iqbal, M. (2020). EVALUASI DAMPAK PUTUSAN KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DALAM PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM DAERAH TAHUN 2010 DI KABUPATEN …. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya, 103.

Nugroho, W. A. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Komitmen Kerja Karyawan Outsourcing Di CV.X. Eprints.Mercubuana-Yogya.Ac.Id.

Priyono. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. In Jakarta, Bumi Aksara, 2003.

Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1). https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.133

Teguh, A. (2011). Memahami Good Governance dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Warni, E. D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(1). https://doi.org/10.32477/jrm.v1i1.246

Published

2021-11-30

Issue

Section

Artikel