STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PPKn DALAM MEMBENTUK DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN TOLITOLI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v4i2.257Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prespektif guru yang menganggap bahwa penyebab ketidakefektifan dan keefesienan pembelajaran diakibatkan karena penggunaan metode yang monoton seperti ceramah, serta kondisi siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan bagaimana strategi pembelajaran guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara; (2) Menemukan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 KecamatanTolitoli Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn masih memiliki kelemahan dalam mengakomodasi hal-hal yang dapat menunjang keaktifan siswa. Seperti halnya guru mengajarkan siswa membuat pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dapat menjadikan dasar penunjang pengembangan karakter siswa dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan strategi yang digunakan yaitu metode diskusi yang menuntut keaktifan siswa dalam pembelajaran; (2) dalam proses kegiatan belajar mengajar ditemukan respon siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara masih kurang. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: (1)Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli utara menggunakan metode diskusi yang masih memiliki kelemahan dalam pembelajaran; (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam membentuk dan mengembangkan karakter siswa terdapat pada persoalan dasar penunjang keaktifan yang belum diakomodasi oleh Guru PPKn kepada para siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kecamatan Tolitoli Utara.
References
Agung S., L. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.98
Dagun, S. M. (2000). Kamus besar ilmu pengetahuan. Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Chaplin, J. P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah. In Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Echols, J.M dan Shadily, H. (2003). Kamus Bahasa Inggris - Indonesia Indonesia - Inggris. BIO-UPI.
Efendi, S. P. I. (2016). Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik. GUEPEDIA.
Hamalik, O. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. In Psikologi Belajar Mengajar.
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perenanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. In Perencananan dan strategi pembelajaran matematika.
Hamzah B. Uno. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. In Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, A. (2007). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. In Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Maksudin. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER NONDIKOTOMIK (Upaya Membangun Bangsa Indonesia Seutuhnya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 137–152. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1435
Meleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Http//Jurnal.Sttsundermann.Ac.Id./Index.Php/Sundermann/Article/View/46/30,.
Mustaqim. (2004). Psikologi Pendidikan. In Pustaka Belajar.
Agung S., L. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.98
Dagun, S. M. (2000). Kamus besar ilmu pengetahuan. Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara (LPKN).
Chaplin, J. P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah. In Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Echols, J.M dan Shadily, H. (2003). Kamus Bahasa Inggris - Indonesia Indonesia - Inggris. BIO-UPI.
Efendi, S. P. I. (2016). Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik. GUEPEDIA.
Hamalik, O. (2011). Psikologi Belajar Mengajar. In Psikologi Belajar Mengajar.
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perenanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. In Perencananan dan strategi pembelajaran matematika.
Hamzah B. Uno. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. In Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, A. (2007). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. In Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Maksudin. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER NONDIKOTOMIK (Upaya Membangun Bangsa Indonesia Seutuhnya). Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 137–152. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1435
Meleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Http//Jurnal.Sttsundermann.Ac.Id./Index.Php/Sundermann/Article/View/46/30,.
Mustaqim. (2004). Psikologi Pendidikan. In Pustaka Beljar.
Riangsari, A., & Sufanti, M. (2017). JENIS DAN TEMA TEKS DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMI SMA KELAS X SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPE …. Kajian Linguistik Dan Sastra.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. In Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, B. H. (2010). Theory of Motivation and Its Measurement Analysis in the Field of Education (Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan). In Bumi Aksara.
Uno, B. H. (2014). Profesi Kependidikan. PT Bumi Aksara.
Uno, H. H. B. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. In Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, N. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Zayyin, A. (2017). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.30738/.v5i1.935