POTRET TENAGA PENDIDIK DALAM INOVASI PENDIDIKAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.221Abstrak
Abad ke-21 ditandai sebagai abad yang menginginkan kualitas dalam segala usaha dan hasil kerja manusia. Dengan sendirinya abad ke-21 meminta sumber daya manusia yang berkualitas, yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga yang dikelola secara profesional sehingga membuahkan hasil unggulan. Namun kebijakan dan program-program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nampak tidak memberi jawaban solutif terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan yang berkembang, hal ini terlihat pada rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini bermaksud memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat tentang inovasi pendidikan abad 21 sebagai suatu reformasi pendidikan untuk dapat memperbaharui semua sistem pendidikan dan peranannya terhadap pembangunan bangsa ini. Metode yang digunakan berupa pengumpulan data berdasarkan faktor- faktor yang menjadi pendukung terhadap objek penelitian, kemudian menganalisa faktor- faktor tersebut untuk dicari peranannya. Masyarakat paham terkait inovasi pendidikan abad 21, proses inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, hingga inovasi dalam bidang ketenagaan pendidikan untuk membuat program pendidikan yang berkualitas.
Referensi
Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur
Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur review; panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12-12
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 STIT Al-Ibrohimy
Bangkalan. Al-Ibrah, 5(2), 120-145.
Ferdianto, K., & Mudjiran, M. (2019). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Motivasi
Belajar Siswa Smp S Psm Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi, 2019(2). Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan
Menengah Umum.
Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., Nurtanto, M., Ardiana, D. P. Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2021). Inovasi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, A., & AJ, A. (2018). Inovasi pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.
Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.
Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279- 283).
Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., ... & Prasetya, A. B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.
Muhali, M. (2019). pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Penilaian Ilmu Pendidikan: E-Science, 3 (2), 25-50.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.
Sanjaya, W. (2017). Paradigma baru mengajar. Kencana.
Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana. Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan
Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
(5), 3125-3133.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan
abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).