IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA SDN 1 BUGA
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.210Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa SDN 1 Buga, (2) mengetsahui faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi penilaian pembelajaran kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian pembelajaran kurikulum 2013 dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas IV di SDN 1 Buga, terlaksana dengan baik. Faktor penghambat dan faktor pendukung adalah ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran, sangat dibutuhkan.
References
Astuti Ariani Dwi dkk, (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Alimuddin (2014). Penilaian Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional. Makassar: FMIPA UNM.
Budiman Aviv (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Ma’arif Salam. Skripsi. Yogyakarta. UNY
Ibrahim (2018). Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Boddie Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep. Makassar: FISIP UNHAS
Kartowagiran Badrun (2014). Penilaian Berbasis Kurikulum 2013. Makalah. Yogyakarta : UNY
Karomah Nur Aldina (2014/2015). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Partisipasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akintansi SMK Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Maghfiroh Ulfa (2015). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Pratiwi Indah Nuning (2017). Penggunaan Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. FISIP UNDIKNAS
Rahmat Diding (2017). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Kabupaten Kuningan. Jurnal Unifikasi. Kuningan : Fakultas Hukum Universitas Kuningan.
Utama Putra Muhammad (2016). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Di Kelas V SD Negeri 1 Pedes. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Umami Muzlikhatun (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal. Purwokerto : IAIN