POTRET LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR DI SMA NEGERI 2 TOLITOLI

Authors

  • Jepri Utomo Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v4i1.207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan potret lingkungan belajar indoor dan outdoor di SMA Negeri 2 Tolitoli. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan terdiri dari tiga, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merujuk pada model Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar fisik di SMA Negeri 2 Tolitoli terbagi dua, yaitu indoor dan outdoor. Lingkungan belajar indoor terdiri dari ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium MIPA (matematika, kimia, fisika, biologi), mushola, dan perumahan peserta didik. Adapun lingkungan belajar outdoor terdiri dari lapangan olahraga dan taman baca. Kondisi lingkungan belajar indoor dan outdoor tergolong baik, terlihat bersih, indah, teratur, nyaman, serta tersedia sarana prasarana penunjang pembelajaran yang memadai

References

Abdul Aziz Hasibuan. (2018). Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, Volume 25 Nomor 2.

Andi Mulu. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.

Didi Marwan. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran IPS di SMK. Artikel Penelitian, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Sardiyanah. (2014). Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Volume 06 Nomor 02.

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal E-Tech, Volume 7 Nomor 4

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Artikel