PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v3i1.162Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran matematika di sma negeri 1 dampal utara selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini satu kepala sekolah, satu orang guru mata pelajaran, dan dua orang siswa di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematiika di SMA Negeri 1 Dampal Utara telah dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, yang dilakukan secara online atau daring. Siswa dan guru sudah memiliki fasilitas atau media elektronik yang dibutuhkan dalam pembelajaran, ini menggambarkan bahwa mereka sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tenaga pendidik sudah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dengan memanfaatkan media pembelajaran, teknik dan pendekatan pembelajaran yang dibuat khusus untuk siswa. Pembelajaran daring memberikan guru inovasi dan mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar, selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan aktif dalam pembelajaran. Namun pembelajaran daring juga memiliki kendala dalam pelaksanaannya, seperti kondisi jaringan yang tidak stabil dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang dijelaskan secara daring.Kata Kunci     Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Referensi
Slamet PH. 2001. Teori Belajar dan Pembelajaran.Nizamia Learning Center.
Sopian, A. 2016. Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Warsita. 2007. "Peranan TIK Dalam penyelenggaraan PJJâ€. Jurnal Teknodik. Jakarta: Pustekkom depdiknas.
Sufri Mashuri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Deepublish. yogyakarta.
Kementrian Dalam Negeri. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah. Jakarta.
Kementrian Kesehatan. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Tentang Pencegahan Wabah Covid-119 Pada Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Jakarta.
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature
Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.
Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).
Marzuki, M., & Malik, A. R. (2021). Kesulitan Guru Bahasa Inggris Dalam Menggunakan E-Learning Selama Pandemi COVID-19. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 127-146.