Augmented Reality : Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1490Kata Kunci:
Augmented Reality, hasil belajar, Fisika Lingkungan, pembelajaran interaktif, media inovatifAbstrak
Kemajuan teknologi digital telah memberikan dampak yang signifikan terhadap transformasi dunia pendidikan, terutama dalam cara mahasiswa memahami konsep-konsep sains yang bersifat abstrak. Salah satu inovasi yang mulai banyak dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah media berbasis Augmented Reality (AR), karena mampu menghadirkan visualisasi tiga dimensi terhadap fenomena fisika yang sulit diamati secara langsung di dunia nyata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan AR berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one-group pretest–posttest. Subjek penelitian berjumlah 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang mengikuti perkuliahan menggunakan media pembelajaran AR. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis dengan buntuk melihat normalitas data serta uji paired sample t-test untuk menguji hipotesis perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari 55,56 pada pretest menjadi 72,33 pada posttest. Nilai signifikansi hasil uji paired sample t-test sebesar 0,000 (< 0,05) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan media AR. menunjukkan bahwa AR memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Selain itu, penggunaan AR juga mendorong peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa selama kegiatan perkuliahan berlangsung. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa Augmented Reality merupakan media pembelajaran inovatif yang efektif dalam memperbaiki kualitas proses belajar dan pemahaman konseptual mahasiswa, khususnya pada mata kuliah yang menuntut kemampuan visualisasi abstrak seperti Fisika Lingkungan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar melibatkan jumlah responden yang lebih besar serta memperluas penerapan AR pada bidang kajian sains lainnya guna memperoleh hasil yang lebih komprehensif.
Referensi
Ali, A., Dea Venica, S., Aini, W., & Faisal Hidayat, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115
Firmantara, M. R., Sasmoko, & Ibrahim, N. (2023). Augmented Reality Research Trends in Indonesia: A Systematic Literature Review. Journal of Science Education Research, 4(1), 45–57.
Hartono. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Pustaka Pelajar.
Hasan, I., Arafah, K., & Hasyim, M. (2025). Jurnal Pendidikan Fisika The Impact of Augmented Reality Media on High School Students ’ Critical Thinking Skills in Physics. 13(3), 600–613. https://doi.org/10.26618/zsft6997
Lestari, W. S., Ulina, M., Gunawan, G., & Gaol, M. L. (2024). Innovarte Learning: Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2084–2098. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2426
Liliernawati, Arifin, I. N., Marshanawiah, A., Kudus, & Aries, N. S. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU RUANG VIRTUAL BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 167–186.
Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42.
MAULANA, İ. (2020). The Use of Mobile-Based Augmented Reality in Science Learning to Improve Learning Motivation. Journal of Educational Technology and Online Learning, 3(3), 363–371. https://doi.org/10.31681/jetol.670274
Mustaqim, I. (2016). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1c), 659–663.
Pujakesuma, D., Pinandito, A., & Saputra, M. C. (2025). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality, Video, dan Slide Terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 12(4), 885–894.
Qorima, E. N., & Sutama. (2022). Learning it. JURNALBASICEDU, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.5040/9781350349742.ch-005
Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PEMBELAJARAN DI ERA 5.0. Prosiding Seminar Nasional, November, 265–276.
Ringo, I. K. S., Aminatun, T., Wilujeng, I., & Nurohman, S. (2023). Electronic Worksheet-Based Problem Based-Learning (PBL) Toward Problem-Solving in Science Education: Need Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 299–304. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2579
Ringo, I. K. S. dan A. A. A. (2025). Tracker Application for Frog Movement Analysis as Practicum Activities About Motion Animal. Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 7(3).
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Introducing Spatial Shapes Using Augmented Reality as a Learning Media. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215.
Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Education and Development Journal, 7(3), 145–158.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.
Suryaningsih, E. I., Nafillah, K., & Aprilina. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MARITIM SESUAI STANDAR IMO MODEL COURSE 7.04. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim (JSTM), 26(September), 157–168. https://doi.org/10.33556/jstm
















