Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention melalui Mediasi Brand Image pada Konsumen Generasi Z Produk Skincare di Jayapura

Penulis

  • Palti Manalu Universitas Cenderawasih
  • Iriando Wijaya Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1482

Kata Kunci:

Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, Brand Image, Generasi Z, Jayapura

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara electronic word of mouth, brand image, dan purchase intention konsumen generasi Z produk skincare di Jayapura. Responden pada penelitian ini sebanyak 152 orang dan dinyatakan valid dengan menggunakan uji validitas pearson produk moment sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha. Responden yang diperoleh tersebut dianalisa menggunakan path analysis dalam uji hipotesis. Penelitian ini juga menggunakan SPSS 20 untuk mengolah data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan electronic word of mouth dan brand image dapat memiliki pengaruh langsung terhadap purchase intention. Tetapi electronic oerd of mouth memiliki pengaruh yang kecil terhadap purchase intention ketika brand image menjadi variabel perantara. Dari penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa ulasan, komentar, serta rekomendasi positif dari konsumen di media online mampu membangun citra merek sekaligus mendorong niat beli terhadap produk tersebut tanpa harus melalui persepsi merek terlebih dahulu.

Biografi Penulis

Palti Manalu, Universitas Cenderawasih

Program Studi Manajemen

Iriando Wijaya, Universitas Cenderawasih

Program Studi Manajemen

Referensi

Babić Rosario, A., de Valck, K., & Sotgiu, F. (2020). Conceptualizing the electronic word-of-mouth process: What we know and need to know about eWOM creation, exposure, and evaluation. In Journal of the Academy of Marketing Science (Vol. 48, Issue 3). https://doi.org/10.1007/s11747-019-00706-1

Clarence, C., & Keni, K. (2022). Purchase intention predicting factors in Indonesian fashion brands. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 91–100. https://doi.org/10.28932/jmm.v21i2.4329

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.

Fitri, F. N., & Isa, M. (2024). Analisis Pengaruh E-Wom, Brand Attitude dan Trust terhadap Purchase Intention Eco-Friendly Transport di Surakarta. Economic Reviews Journal, 3(1), 155–175. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i1.128

Goyette, I., Ricard, L., & Bergeron, J. (2010). e-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context *. 23, 5–23.

Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., Black, W. C., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis. https://doi.org/10.1002/9781119409137.ch4

Kietzmann, J., & Canhoto, A. (2013). Bittersweet! Understanding and managing electronic word of mouth. J Public Aff, 13(2):146–.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management MARKETING MANAGEMENT Marketing Management. In Pearson Practice Hall (Vol. 2, Issue 1).

Kusuma, L. M., Wipudiari, M. B., Enshito, K. S. R., & Jahja, A. S. (2023). Pengaruh Influencer, User Generated Content, Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Skintific Di Media Sosial Tiktok. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 2(2), 17–26. https://doi.org/10.59066/jmae.v2i2.373

Lutzfiyana, T., Ekowati, T., & Runanto, D. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA SMARTPHONE VIVO DI KEBUMEN). Jurnal Volatilitas, 5(5), 182–198.

Manalu, P. M. C. (n.d.). Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian The Influence of Friday , Saturday , Sunday Promotions on Consumer Purchasing Decisions at Alfamart Tanjung Gusta Outlets. 7(2), 118–123.

Minanda, H., Ulya, B. N., & Nita, K. S. (2023). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) TerhadapBrand Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Gili TrawanganLombok. Open Journal Systems, 17(10), 2385–2392.

Mothersbaugh, D., & Hawkins, D. (2010). Consumer Behaviour: Building Marketing Strategies. In McGraw-Hill.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Jurnal, 1(3), 169–184.

Suci, A. N. (2024). Compas Market Insight Dashboard: Tren Penjualan Kategori Paket Kecantikan pada Periode Q1 2024. Compas.

Vinh, T. T., & Huy, L. Van. (2016). The Relationships among Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intention: Empirical Evidence from the Motorbike Market in Vietnam. International Journal of Economics and Finance, 8(3), 75. https://doi.org/10.5539/ijef.v8n3p75

ZAP Beauty Index. (2024). What women do. Economist, 400(8752).

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-03

Cara Mengutip

Manalu, P., & Wijaya, I. (2025). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention melalui Mediasi Brand Image pada Konsumen Generasi Z Produk Skincare di Jayapura. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(2), 246–254. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1482

Terbitan

Bagian

Artikel