MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 TOLITOLI)

Tasmin A Jacub, Hasia Marto, Arisa Darwis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model problem based learning pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian Tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru IPS kelas IXA selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX A SMPN 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum Tindakan sebesar 70,88 pada siklus I sebesar 74,80 dan pada siklus II sebesar 85,37. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 34,28%, pada siklus I sebesar 74,80% dan pada siklus II sebesar 94,28%.

Kata Kunci: Problem based learning dan hasil belajar IPS siswa

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Darwis, A. (2020). IMPROVING SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES BY USING THE LEARNING MODEL THINK PAIR SHARE VIIB CLASS STUDENTS SMP 4 TOLITOLI. Jurnal Madako Education, 6(1).

Indra, M. (2009). Pengertian dan Definisi Hasil Belajar. Fromhttp://indramunawar .blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan-definisi.html

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Pustaka. Isjoni. (2010). Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung :Alfabeta. Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sunartombs. (2011).Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil belajar. From http:// sunartombs. wordpress. com/2011/10/10/faktor-yang-mempengaruhi-hasilbelajar/html.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung :RemajaRosdakarya.

Trianto. (2007). Model–model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta :Prestasi




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i2.126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.