PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PT PELNI PELABUHAN DEDE TOLITOLI

Authors

  • Fitriyah Astri Universitas Madako

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.125

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang di Pelabuhan Dede. Penelitian ini dilakukan dengan survey, kuisioner dan wawancara langsung dengan penumpang. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan, harapan dan kepuasan penumpang. Sampel dari penelitian ini adalah penumpang sebanyak 99 orang, dan teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Data ini dianalisis dengan analisis kuadran. dan secara keseluruhan menjawab menegaskan puas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang sebagai akibat dari kualitas pelayanan adalah sebagian besar penumpang merasa puas

References

Anderson,. 2004. Dalam Appiah-Gyimah et al. 2011. The antecedents and consequences of customer satisfaction for firms. Marketing Science 12, 125-143.

Arsyad, L. (1999) Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip, 2013, Marketing Management, 15th Edition, Person Education, Inc

Lupiyoadi, 2016, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Bisnis, Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Artikel