MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SISWA SDN SANDANA (STUDI PADA KELUARGA NELAYAN DUSUN NELAYAN)

Authors

  • Moh Rudini Universitas Madako
  • Melinda Melinda

DOI:

https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.124

Abstract

Keluarga merupakan lembaga sosial pertama yang dikenal oleh anak. Keluarga bertanggung jawab menyediakan kebutuhan finansial untuk keperluan pendidikan anak. Keluarga yang keadaan sosial ekonominya tinggi tidak akan mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan sekolah anaknya, berbeda dengan orangtua/keluarga yang keadaan sosial ekonominya rendah. Pekerjaan orang tua dan keadaan ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor yang berperan penting yang dapat mempengaruhi motivasi orang tua untuk memberikan pendidikan yang baik atau menyekolahkan anaknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang  berlangsung saat ini atau saat lampau yang ada di Desa Sandana Dusun Nelayan dengan subjek penelitian tiga orang tua dan tiga anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian skripsi ini mengarah pada kesimpulan bahwa motivasi belajar pada anak di Desa Sandana yaitu memberikan perhatian, hadiah atau penghargaan dan sanksi menunjukan tidak memotivasi karena mempunyai hambatan yaitu pengetahuan, biaya dan waktu.Kata Kunci : Motivasi, Pendidikan, Keluarga, Nelayan.

References

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).

Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, 2004 Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Setya. 2013. Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Surachman, Eman. 2011. “Problema Pendidikan pada Keluarga Nelayan Studi Kasus: Desa Marga Mulya Kecamatan Mauk Tangerang†dalam Jurnal Komunitas. Vol. V no 1/2011. 49-56.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. (online), (http: //edukasi.kompasiana.com/2010/217), diakses pada 30 April 10.30 WITA. 2019.

Sriyanti, Nanik, Dkk. 2006. “Persepsi Nelayan tentang Pendidikan Formal di Kecamata Rembang Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengahâ€dalam Jurnal Buletin Ekonomi Perikanan. Vol. VI no 3/2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan.

Downloads

Published

2020-12-14

Issue

Section

Artikel