PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SMA UMMUL MUKMININ MAKASSAR

Jamaluddin Jamaluddin, Muchmainnah Pitasari, Muhammad Darwis, Sirajuddin Saleh, Haerul Haerul

Sari


Kepala Sekolah merupakan aspek yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di SMA Ummul Mukminin Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif  kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Tenik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penggumpulan data, penyajian data, reduksi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah telah berperan baik dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di SMA Ummul Mukminin Makassar.

Keywords :  Kepala sekolah, Motivasi, dan Guru


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 165–172.

Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105–112.

Dr. H. Salim, M. P., & Dr. Haidir, S. A. M. P. (2019). metodelogi penelitian (1st ed.). kencana.

Fikry, A., Larasati, E., & hayu Dimawati, I. (2020). Inhibiting Factors in the Administration of Education (Senior High School) in Kepulauan Riau Province. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 169–276.

Fransiska, C. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Proses Pembelajaran pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jurnal Office, 2(2), 163–172.

Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.

Muslimin, M., Saleh, S., & Darwis, M. (2020). Implementation of the Use of Lecture Method in Filing Subjects at the Department of Office Vocational School YPLP PGRI 1 Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 6(2), 95–104.

Niswaty, R., & Arhas, S. H. (2019). The Effect of Learning Media on Progress Quality in Office Administration Program in Vocational School Negeri 1 Watampone Bone Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1387. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012042

Saleh, S., & Arhas, S. (2019). The Effect of School Head Academic Supervision on Pedagogic Capability of Basic School Teachers in Manggala District Kota Makassar. International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019).

Sirait, E. J. M., Arhas, S. H., & Suprianto, S. (2019). The Influence of Assignment of Lecturers at School (ALS) Program on Students Learning Motivation in Tarakan City. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 79–88.

Sudaryono, D. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Rajawali Pers.

Sukmawati, S., Jamaluddin, J., Niswaty, R., & Asmanurhidayani, A. (2019). The Influence of Headmaster Leadership Style on Teacher Performance. Jurnal Office, 4(2), 91–102.

Supardi. (2015). sekolah efektif (2nd ed.). raja grafindo persada.

suparman, S.Pd.I, S. P. (2019). kepemimpinan kepala sekolah dan guru. uwais inspirasi indonesia.

Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137–146.

Wahyuni, S., Saleh, S., & Darwis, M. (2019). Effectiveness of Skills Teaching Teachers Competence Office Administration Program in State Vocational School 4 Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 89–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i2.122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.