PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMA AL-MANNAN TOLITOLI
DOI:
https://doi.org/10.56630/jti.v2i2.120Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Al-Mannan Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan Teknik Penggumpulan Data Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Mannan Tolitoli. Subjek penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, satu orang guru mata pelajaran, dan tiga orang siswa di SMA Al-Mannan Tolitoli. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru di SMA Al-Mannan Tolitoli.. Dapat dilihat dari ke 6 Indikator yaitu Pendidik, Pengajar, Pembimbing, Pengarah, Pelatih, dan Penilai. Tindakan yang dilakukan kepala sekolah terkait dengan aturan yang diterapkan untuk meningkatkan strategi profesionalisme guru sangat berpengaruh untuk meningkatkan cara kerja guru pada saat pembelajaran berlangsung dan guru menerapkan pengembangan metode pembelajaran dan memberikan bimbingan dan pelatihan-pelatihan agar dapat mengatasi kesulitan belajar siswa.Kata Kunci: Peran Belajar dan Kesulitan Belajar
Referensi
Bloom. (2011). Cooprative learning Yogyakarta: pustaka belajar.
Baharuddin, B., & Burhan, B. (2019, February). Strategi Kepemimpinan dalam Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2).
Burhan, B., & Saugadi, S. (2017). Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8(1).
Depdiknas.(2003) undang-undang RI No.20. Tentang sistem pendidikan nasional.
Irham Mohamad & Novan Ardy w. (2013). Pisikologi pendidikan tori dan aplikasi dalam proses pembelajaran Jakarta: Ar-ruz media.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207.
Malik, A. R., & Asnur, M. N. A. (2019). USING SOCIAL MEDIA AS A LEARNING MEDIA OF FOREIGN LANGUAGE STUDENTS IN HIGHER EDUCATION. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 166-75.
Malik, A. R. (2019, August). THE INFLUENCE OF INSTAGRAM AND AUDITORY LEARNING STYLE ON GERMAN LANGUAGE MASTERY IN STUDENTS OF SMAN 1 MAROS. In International Conference on Cultural Studies (Vol. 2, pp. 279-283).
Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor yang MempengaruhiJakarta: PT. Rineka Cipta.
Moh. Uzer Usman. 2010 Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saleh, N., Saud, S., & Asnur, M. N. A. (2018). Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia. In Seminar Nasional Dies Natalis UNM (Vol. 57).
Subini nini. (2011) Mengatasi kesulitan belajar pada anak Jogjakarta: Javalitera.
Rosyidah, I. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menciptakan suasana Pembelajaran Yang efektif dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Semarang: Program Strata Satu Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Wael, A., Asnur, M. N. A., & Ibrahim, I. (2018). EXPLORING STUDENTS’LEARNING STRATEGIES IN SPEAKING PERFORMANCE. International Journal of Language Education, 2(1), 65-71.