Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia Di Negara-Negara Tujuan Utama Dengan Pendekatan Revealed Symmetric Comparative Advantages (RSCA) Dan Export Product Dynamics (EPD)
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1159Kata Kunci:
Daya Saing, Ekspor, CengkehAbstrak
Potensi keunggulan produksi cengkeh di Indonesia sebaiknya dioptimalkan untuk mendorong peningkatan volume ekspor ke pasar internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi daya saing ekspor cengkeh Indonesia ke pasar global sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode RSCA (Revealed Symmetric Comparative Advantages) dan EPD (Export product dynamics) sebagai alat analisis utama. Berdasarkan hasil analisis, RSCA cengkeh Indonesia bernilai lebih dari nol. Hal ini mengindikasikan bahwa cengkeh menjadi salah satu produk unggulan kompetitif yang diekspor Indonesia ke pasar India, Singapura, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Vietnam dibandingkan dengan produk ekspor lainnya. Pertumbuhan pangsa pasar Cengkeh Indonesia di negara-negara importir utama menunjukkan tren yang ideal.
Referensi
Bela Sapira, & Daspar. (2025). Analisis Peluang dan Tantangan Perdagangan Internasional Cengkeh Indonesia dengan Tiongkok dalam Kerangka APEC. Journal of Literature Review, 1(2), 423–430. https://doi.org/10.63822/mrtq7963
Bustaman, S. (2011). Potensi Pengembangan Minyak Daun Cengkih Sebagai Komoditas Ekspor Maluku. Jurnal Litbang Pertanian, 30(4), 132–139.
Eaton, J., Eslava, M., Jinkins, D., Krizan, C. J., & Tybout, J. R. (2021). NBER WORKING PAPER SERIES A SEARCH AND LEARNING MODEL OF EXPORT DYNAMICS A Search and Learning Model of Export Dynamics. https://doi.org/10.3386/w29100
Hidayah, M., Fariyanti, A., & Anggraeni, L. (2022). Daya Saing Ekspor Cengkeh Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 930. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.14
Hidayati, S. A. (n.d.). Competitiveness and Factors Influencing Indonesian Clove Exports to Eight Export Destination Countries from 2005-2020.
Hidayati, S. A., & Ekaria. (2023). Competitiveness and Factors Influencing Indonesian Clove Exports to Eight Export Destination Countries from 2005-2020. Proceedings of The International Conference on Data Science and Official Statistics, 446–457.
Putra Pratama, A., Hadi Darwanto, D., Sosio Humaniora Number, J., & Yogyakarta, B. (2020). Economics Development Analysis Journal Indonesian Clove Competitiveness and Competitor Countries in International Market Article Information. Economics Development Analysis Journal, 9(1), 2020. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj
Putri, E. R. (2024). Indonesia’s Clove Export Competitiveness in the Continental Markets of Asia and the World. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 7(3), 257–265. https://doi.org/10.15294/s27jvx39
Suroso, A. I., Tandra, H., & Haryono, A. (2023). Adoption of sustainable certification in West Borneo palm oil farmers: The role of environmental concern. Cogent Food and Agriculture, 9(2). https://doi.org/10.1080/23311932.2023.2266196
Zuhdi, F., & Rambe, K. R. (2021). DAYA SAING EKSPOR CENGKEH INDONESIA DI PASAR GLOBAL. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 17(2), 165. https://doi.org/10.20961/sepa.v17i2.43784