Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Multimedia Video Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 6 Tambun

Penulis

  • Hartati H. Tanaiyo Universitas Madako Tolitoli
  • Moh Rudini Universitas Madako Tolitoli
  • Muh Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli
  • Ikbal Ikbal Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1098

Kata Kunci:

Animaker, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Permasalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa SD Negeri 6 Tambun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia utamanya pada aspek bacaan, model pembelajaran yang kurang menarik menjadi pemicu utama hal tersebut. Dalam mentaktsi hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbasis multimedia video animaker dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis multimedia video Animaker terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri 6 Tambun. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif Pre-Eksperimen desain (Pretest-Postest Itntact Group Comparison). Adapun instrument dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar dengan sampel pada penelitian ini sebanyak 22 siswa, yang digunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Probabilitas 0,003 yang berarti < 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha  diterima. Implikasi positif dari hasil diterapkannya model dengan media yang dipadukan ini, guru dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan teknologi dan multimedia dalam strategi pengajaran mereka guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.   Kata Kunci : Animaker, Discovery Learning, Hasil Belajar

Biografi Penulis

Moh Rudini, Universitas Madako Tolitoli

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muh Khaerul Ummah BK, Universitas Madako Tolitoli

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Ahmad, M. F., Fauziah, N., Rosfiani, O., & Rachman, S. (2024). The effectiveness of learning sun position and shadow: Picture and picture models in elementary schools. Madako Elementary School, 3(1), 27–41. https://doi.org/10.56630/mes.v3i1.229

Athiyah, N., Maula, N. N., Khobir, A., & Rini, J. (2024). Augmented Reality ( AR ) learning : Improving students memory in science learning at the elementary school level. Madako Elementary School, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.56630/mes.v3i2.273

Cappa, A. E. A., & Hamzah, R. A. (2024). Evaluation and assessment of the Indonesian language in elementary schools : Language content analysis. Madako Elementary School, 3(2), 134–151. https://doi.org/10.56630/mes.v3i2.228

Dereli, D. D. (2015). Innovation management in global competition and competitive advantage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1365–1370. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.323

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Fadillah, S., Ramadhani, E., & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 433–440. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i3.7244

Hamna, H., BK, M. K. U., Aisyah, N., Muhajir, Kartika, & M, A. G. (2024). Peran Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Sosial Bermasyarakat Desa Lakatang. PROFICIO, 5(2), 105–110. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3437

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal PRISMA, 10(1), 17–29.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (13th ed.). Alfabeta. https://drive.google.com/file/d/1qWYqKFaMvkWTmXGu6iYYZliKM1IdWz9r/view

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. In CV. Alfabeta. ALFABETA.

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the teaching models, strategies and technological innovations for classroom learning after school reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(7), 13141–13150.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-16

Cara Mengutip

Hartati H. Tanaiyo, Rudini, M., Ummah BK, M. K., & Ikbal, I. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Multimedia Video Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 6 Tambun . Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 7(2), 219–226. https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1098

Terbitan

Bagian

Artikel