Model dan Modul Edukasi ‘Financial English’ untuk Meningkatkan Literasi Keuangan dan Investasi Gen-Z di Kabupaten Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.56630/tolis.v7i2.1055Kata Kunci:
Pengembangan mode, Modul edukasi, literasi keuangan, investasi, gen-zAbstrak
Literasi keuangan dan investasi merupakan kompetensi penting bagi generasi muda di era ekonomi digital. Namun, pada kenyataannya, mahasiswa Gen-Z di wilayah daerah seperti Kabupaten Tolitoli masih menunjukkan tingkat pemahaman yang rendah, baik terhadap konsep keuangan maupun terminologi dasar investasi, terlebih yang disampaikan dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kondisi literasi keuangan, investasi, dan kemampuan pemahaman Financial English mahasiswa Gen-Z di Kabupaten Tolitoli; (2) mengembangkan model dan modul edukasi Financial English berbasis kebutuhan lokal; serta (3) menguji efektivitas modul dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi finansial. Metode penelitian menggunakan pendekatan research and development dengan teknik pengumpulan data melalui survei, wawancara, pre-test dan post-test, serta validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi investasi dan pemahaman istilah finansial berbahasa Inggris masih rendah, dengan kendala utama terletak pada akses terhadap sumber belajar yang sesuai. Modul edukasi yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengelola informasi keuangan dan mengambil keputusan finansial yang lebih bijak. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan terpadu antara literasi keuangan dan Bahasa Inggris kontekstual dapat menjadi solusi strategis dalam membangun kesiapan finansial generasi muda di daerah.
Referensi
Alina. (2016). Potensi Ekonomi Digital Harus Dimanfaatkan. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/7097/potensi-ekonomi-digital-harus-dimanfaatkan/0/sorotan_media
BPS Tolitoli. (2024). Kabupaten Tolitoli dalam Angka 2024 (SUNU HARI ISMAWAN, Ed.; KURNIAWATI, Trans.). BPS TOLITOLI.
Burhanuddin, Saputra, A., Yahya, & Rahim, I. (2024). KONSEP DASAR PENGANTAR MANAJEMEN (I. P. Kusuma, Ed.; 1st ed., Vol. 1). CV Rey Media Grafika. https://drive.google.com/file/d/1wR_8gmywxAweMG0uSa3WVMDXFjluara0/view
Busetto, L., Wick, W., & Gumbinger, C. (2020). How to use and assess qualitative research methods. Neurological Research and Practice, 2. https://doi.org/10.1186/s42466-020-00059-z
Dwi Hadya Jayani. (2021, October 6). Penetrasi Internet Indonesia Meningkat saat Pandemi Covid-19. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/06/penetrasi-internet-indonesia-meningkat-saat-pandemi-covid-19
Fur, L., & Outreville, J. (2022). Financial literacy, education and risk aversion: a survey of French students. Managerial Finance. https://doi.org/10.1108/mf-10-2021-0509
Hochwald, H., Green, G., Sela, Y., Radomyslsky, Z., Nissanholtz-Gannot, R., & Hochwald, O. (2023). Converting qualitative data into quantitative values using a matched mixed-methods design: A new methodological approach. Journal of Advanced Nursing. https://doi.org/10.1111/jan.15649
Johnson, R., Grove, A., & Clarke, A. (2019). Pillar Integration Process: A Joint Display Technique to Integrate Data in Mixed Methods Research. Journal of Mixed Methods Research, 13, 301–320. https://doi.org/10.1177/1558689817743108
Kurniawan, D., Fahmi, A., Budiman, A., Mulyani, E., Paturochman, I. R., Kurniawati, A., Rinandiyana, L. R., & Badriatin, T. (2024). Membuka Akses Generasi Zenial Dengan Meningkatkan Literasi dan Keterampilan Investasi Melalui Pembentukan Galeri Edukasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN). https://doi.org/10.35870/jpmn.v4i2.3170
La Quatra, M., & Cagliero, L. (2020). End-to-end Training For Financial Report Summarization. https://www.semanticscholar.org/paper/End-to-end-Training-For-Financial-Report-Quatra-Cagliero/9b038556bedf71ba63b4ee61011139f3048783eb?utm_source=consensus
Mancone, S., Tosti, B., Corrado, S., Spica, G., Zanon, A., & Diotaiuti, P. (2024). Youth, money, and behavior: the impact of financial literacy programs. Frontiers in Education. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1397060
Matović, N., & Ovesni, K. (2021). Interaction of quantitative and qualitative methodology in mixed methods research: integration and/or combination. International Journal of Social Research Methodology, 26, 51–65. https://doi.org/10.1080/13645579.2021.1964857
Moser, A., & Korstjens, I. (2017). Series: Practical guidance to qualitative research. Part 3: Sampling, data collection and analysis. The European Journal of General Practice, 24, 9–18. https://doi.org/10.1080/13814788.2017.1375091
Rademaker, L., & Polush, E. (2022). Qualitative Data Collection and Quantitative Data Collection. Evaluation and Action Research. https://doi.org/10.1093/oso/9780197620823.003.0004
Rifki Setiawan Lubis. (2024, March 11). Tingkat Literasi Keuangan Rendah, Masyarakat Rentan Terjebak Investasi Bodong . Finansial.Bisnis.Com.
Rosner, B., Glynn, R., & Lee, M. T. (2006). The Wilcoxon Signed Rank Test for Paired Comparisons of Clustered Data. Biometrics, 62. https://doi.org/10.1111/j.1541-0420.2005.00389.x
RRI Tolitoli, & Setiadi. (2024, September 12). Bupati Tolitoli Buka Kegiatan Edukasi Keuangan. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/daerah/970217/bupati-tolitoli-buka-kegiatan-edukasi-keuangan
Saputra, A., Fathur, A., & Nure, H. M. (2022). Analysis of the Potential Utilization of Youtube Websites as a Source of Original Revenue for Tolitoli Regency. Enrichment: Journal of Management, 12(4).
Sconti, A., Caserta, M., & Ferrante, L. (2024). Gen Z and financial education: evidence from a randomized control trial in the South of Italy. Journal of Behavioral and Experimental Economics. https://doi.org/10.1016/j.socec.2024.102256
Shan, L. H., Cheah, K., & Leong, S. (2023). Leading Generation Z’s Financial Literacy Through Financial Education: Contemporary Bibliometric and Content Analysis in China. SAGE Open, 13. https://doi.org/10.1177/21582440231188308
Siti Choiriah. (2024, February 24). Kasus Investasi Bodong dan Rendahnya Tingkat Literasi Keuangan. Kumparan.Com.
Veluschak, M. (2024). KEY CONCEPTS OF MODERN ENGLISH FINANCIAL DISCOURSE. Germanic Philology Journal of Yuriy Fedkovych Chernivtsi National University. https://doi.org/10.31861/gph2024.848.38-49
Vexler, A., Gao, X., & Zhou, J. (2023). How to implement signed-rank wilcox.test() type procedures when a center of symmetry is unknown. Comput. Stat. Data Anal., 184, 107746. https://doi.org/10.1016/j.csda.2023.107746